Ini Fungsi Spesialis Bedah Mulut di RSUD Bahteramas Kendari

SULTRAMEDIA.ID., KENDARI – Manajemen Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Bahteramas, Kendari Provinsi Sulawesi Tenggara terus melengkapi sarana dan prasarana penunjang dalam memenuhi kebutuhan dasar masyarakat di bidang kesehatan.

Seperti menambah dokter spesialis bedah mulut yang profesionel dan peralatan medis yang memadai.

Berkaitan dengan kesehatan pada bagian mulut, Direktur RSUD Bahteramas Kendari dr. H. Hasmudin, Sp.B menuturkan, di Poliklinik Gigi dan Mulut ada subspesialisnya yaitu bedah mulut.

“Tetapi prateknya di poli gigi, karena bedah mulut khusus menangani mulut saja. Dokter ini baru saya dapat di Kabupaten Muna jadi dia bisa menerima dan melayani pasien rujukan dari luar kabupaten di Sultra,” tuturnya, Kamis (11/11/2021).

Leboh lanjut Hasmudin menjelaskan, dokter bedah mulut berbeda dengan dokter gigi. Dokter mulut ini kata dia, lebih spesifik menangani gangguan pada mulut dan gigi melalui operasi, misalnya operasi mencabut akar gigi bungsu dengan berbagai faktor penyulit.

“Kalau pasien yang ingin cabut gigi kan tinggal pergi ke dokter gigi di puskesmas tapi bedah mulut mesti ditangani dokter spesialis bedah mulut, dan ini yang kita siapkan di poliklinik gigi dan mulut,” kata Hasmudin.

Dokter spesialis bedah mulut memiliki spesialisasi untuk melakukan diagnosis dan prosedur medis untuk mengatasi penyakit, cedera, dan cacat yang terjadi di kepala, leher, wajah, rahang, dan rongga mulut.

Beberapa kondisi yang mengharuskan Anda mengikuti prosedur bedah mulut, di antaranya:

Impaksi gigi bungsu

Kehilangan gigi dan patah tulang rahang akibat cedera atau kecelakaan

Kecelakaan dan cedera wajah

Gangguan sendi temporomandibular (temporomandibular joint syndrome)

Gangguan tidur (sleep apnea)

Kelainan bawaan atau cacat lahir, seperti bibir sumbing

Kesulitan menggigit dan mengunyah, seperti overbite, underbite, atau crossbite

Ketidakseimbangan bentuk wajah, baik dari sisi depan maupun samping

Kista, tumor, atau kanker mulut

 

B_Khan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *