Telah Diresmikan, Ini Alasan Pindah dan Fungsi Tiap Gedung di Kantor BI Sultra

Loby Kantor BI Sultra
Loby Kantor BI Sultran

SULTRAMEDIA.ID.,SULTRA – Bank Indonesia (BI) perwakilan Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) meresmikan gedung baru kantor perwakilan Bank Indonesia, Rabu (01/12/2022).

Kantor megah di kompleks perkantoran pemerintah Provinsi Sulawesi Tenggara itu, diresmikan secara virtual oleh Gubernur Bank Indonesia, Perry Warjiwo.

Kantor perwakilan BI yang telah ditempati kurang lebih dua bulan lamanya itu, dilengkapi dengan fasilitas modern, mulai dari sistem keamanan modern, hingga lift untuk kemudahan akomodasi ke tiap lantainya.

Dengan luas areal kurang lebih 2 hektar, bangunan dengan 4 lantai itu memiliki fungsi dan kegunaan yang berbeda-beda di tiap lantainya.

Hal itu, dikatakan Deputi Direktur, Kepala Perwakilan BI Sultra, Bimo Epyanto saat ditemui awak media usai peresmian kantor perwakilan BI yang dinakhodainya itu.

Kepala Kantor Perwakilan Sultra
Kepala Kantor Perwakilan Sultra

Lantai satu, kata mantan Kepala Perwakilan BI Balikpapan tersebut, diperuntukkan sebagai pengedaran uang untuk melayani masyarakat lewat perbankan, misal menyetor dan mengambil uang.

Sementara untuk lantai dua, tambah Bimo, selain sebagai loby, juga disediakan perpustakaan di bagian kanan dan disisi kiri ruangan merupakan areal pelayanan perbankan.

Dilantai tiga, sambung Bimo, digunakan sebagai ruang kerja karyawan Bank Indonesia, sekaligus ruang rapat. Sementara lantai empat, berfungsi sebagai Aula.

“Untuk gedung belakang, difungsikan sebagai bangunan penunjang, seperti kantin, ruangan kegiatan organisasi-organisasi kepegawaian dan ragam pertemuan.

Disediakan pula gazebo di areal taman belakang, ruangan kelistrikan atau genset, dan tempat pengolahan limbah,” jelas Bimo.

Adapun kantor lama, menurut lulusan International University of Japan itu, akan digunakan sebagai lokasi kerja alternatif dan untuk membekap jika ada gangguan sistem.

“Kalau ada demonstrasi dan menyulitkan kami untuk mengakses kantor ini, maka untuk sementara kami akan berkantor di gedung lama, kebetulan kami masih punya peralatan di sana (kantor lama), jadi kami punya lokasi jika nanti ada gangguan teknis, keamanan, dan kendala lainnya,” ungkap Bimo.

Hal demikian, ujar Bimo, dilakukan Bank Indonesia, agar tidak mengganggu aktivitas layanan keuangan terhadap masyarakat.

Bimo juga membeberkan alasan utama, pindahnya kantor perwakilan BI Sultra. “Melihat tuntutan zaman yang makin beragam, menjadikan kondisi kantor lama sudah tidak layak lagi untuk menampung volume pekerjaan”.

“Sekaligus di sini juga dekat dengan perkantoran pemerintah provinsi, harapannya dengan kedekatan fisik ini, koordinasi antara BI dan Pemerintah bisa lebih mudah dan cepat,” tukas Bimo.

Perpindahan tersebut, kata lulusan bidang Ekonomi UI itu, bukan hanya sebagai perpindahan lokasi kerja, namun diharapkan juga dapat meningkatkan pelayanan keuangan kepada Masyarakat Sulawesi Tenggara.

“Harapannya gedung baru ini, dapat menunjang tugas-tugas kami menjadi lebih baik lagi, apalagi di kantor baru ini fasilitasnya lebih memadai, jadi harus bisa memberi pelayanan yang lebih maksimal kepada masyarakat,” harap pria kelahiran Jakarta 52 tahun silam itu.

Di tempat yang sama, Gubernur Sulawesi Tenggara mengatakan, sejak kurang lebih 50 tahun berdirinya Bank Indonesia, kini telah berdiri gedung nan megah di Sulawesi Tenggara.

Gubernur Sultra saat foto bersama
Gubernur Sultra saat foto bersama

Kemegahan Kantor BI perwakilan Sultra, kata Gubernur orang nomor satu di Bumi Anoa itu, dapat dijadikan sebagai ikon baru yan ada di Provinsi Sulawesi Tenggara.

“Ini adalah salah gedung kebanggaan kita, kantor ini menjadi salah satu wujud kepedulian pemerintah, baik itu pemerintah Republik Indonesia maupun Gubernur Bank Indonesia,” ujar Gubernur.

Gubernur berharap, dengan adanya gedung berfasilitas memadai milik BI, pelayanan dan tata kelola keuangan Bank Indonesia di Sultra menjadi lebih baik.

“Semoga pertumbuhan ekonomi dan UMKM kita di Sultra menjadi lebih baik. Dengan menggandeng Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan bank-bank lain yang ada di Sulawesi Tenggara,” harap Gubernur.

Tak lupa, Gubernur juga menyampaikan ungkapan terimakasih kepada Presiden Joko Widodo dan Gubernur Bank Indonesia yang telah mendirikan gedung representatif di Sultra.

“Kami akan berusaha untuk menjaga gedung ini, ini kebanggaan bagi Sulawesi Tenggara,” tutup Gubernur.

Turut hadir dalam giat tersebut, wakil gubernur Sultra, Ketua DPRD Sultra, Sekertaris Daerah Kota Kendari, Rektor Universitas Halu Oleo, dan pejabat lingkup pemerintah provinsi dan kota Kendari.

H5P

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *