Gubernur Sebut Berartinya Kongres Nasional ISMEI Bagi Sultra

Gubernur saat menyampaikan sambutan. Foto: Jufri

TEGAS.CO.,SULTRA – Ikatan Senat Mahasiswa Ekonomi se-Indonesia (ISMEI) menggelar Kongres Nasional XV di Kendari, Sulawesi Tenggara (Sultra). Universitas Halu Oleo (UHO) menjadi tuan rumah pelaksanaan kongres tersebut, yang akan berlangsung dari 6-10 Desember 2021.

Gubernur Sultra Ali Mazi menghadiri pembukaan kegiatan dengan didampingi Wali kota Kendari Sulkarnain Kadir, Rektor UHO, Muhammad Zamrun, para dekan fakultas ekonomi, dan tokoh pemuda Sultra Abdul Rahman Farisi, yang juga mantan Sekjen ISMEI 2002-2004.

Dalam sambutannya, Gubernur mengungkapkan keputusan ISMEI menyelenggarakan kongres nasional di Kendari merupakan hal yang sangat berarti bagi Sultra.

“Saya menyampaikan terima kasih kepada ISMEI yang menunjuk Kota Kendari sebagai tuan rumah penyelenggaraan Kongres Nasional ISMEI XV. Acara ini sangatlah berarti bagi Sultra, karena saudara-saudara dapat melihat Sultra secara langsung. Semoga saudara-saudara bisa mendapat inspirasi untuk kesuksesan saudara-saudara pada masa yang akan datang,” kata Gubernur.

Gubernur juga menyampaikan terima kasih atas pilihan tema yang diangkat ISMEI pada kongres mereka kali ini, yakni “Transformasi Menuju Pemulihan Ekonomi Nasional”. Gubernur berharap, tema ini mewarnai setiap diskusi, karena saat ini Bangsa Indonesia sedang mencari berbagai solusi yang tepat bagaimana cara memulihkan ekonomi akibat pandemi  Covid-19.

Gubernur saat memukul gong, sebagai tanda dibukanya acara. Foto: Jufri

Sebagai komponen pemuda yang selalu idealis, kata Gubernur, tentunya mahasiswa memiliki pemikiran segar untuk membangun bangsa, terutama menghadapi pandemi, baik itu untuk menghentikan laju penularan, juga dalam rangka pemulihan ekonomi.

“Pemerintah telah melakukan kebijakan fiskal yang tepat dengan melakukan refocusing kegiatan dan realokasi anggaran untuk mengatasi pengangguran yang terdampak pandemi, menurunkan pajak bahkan membebaskan pajak beberapa kelompok UMKM dan terus mendorong belanja pemerintah yang terukur dan terencana,” papar Gubernur.

Pemerintah juga terus memperhatikan nilai tukar, menjaga devisa dan menjaga suplai mata uang, agar perekonomian terus sehat. Pemerintah juga bersyukur dan berterima kasih kepada semua pihak yang sabar dan mau mengikuti program pemerintah, terutama ketaatan  semua pihak terhadap protokol kesehatan dan keikutsertaan pada program vaksinasi.

Gubernur Sultra didampingi Wali Kota Kendari dan Rektor UHO

Disadari bahwa semua upaya ini tentu belumlah maksimal, sehingga masih terus membutuhkan masukan dari berbagai pihak. Oleh karena itu, kata Gubernur, pihaknya mengharapkan para mahasiswa bisa memberikan masukan.

Gubernur meminta para mahasiswa jangan berhenti berpikir dan mengembangkan sikap idealis, karena hanya dengan berpikir idealis, maka kita bisa menyelesaikan masalah dengan tepat.

“Saya berharap kongres ini bisa menelurkan pikiran-pikiran segar untuk disumbangkan kepada bangsa, apalagi masa depan bangsa akan dinikmati oleh saudara-saudara. Saya memiliki keyakinan yang kuat bahwa adik-adikku sekalian adalah para kaum intelektual muda, yang insyaallah kelak menjadi pemegang tongkat estafet untuk meneruskan upaya pembangunan,” pungkas Gubernur.

 

H5P

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *