Demo di DPRD Sultra, Mahasiswa Teknik UHO Minta di RDP Dengan Pihak GKP

Mahasiswa UHO memadati area depan gedung DPRD Sultra saat demonstrasi
Mahasiswa UHO memadati area depan gedung DPRD Sultra saat demonstrasi

SULTRAMEDIA.ID.,KENDARI – Mahasiswa Fakultas Teknik Universitas Halu Oleo (UHO) melakukan aksi damai di Kantor Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Sulawesi Tenggara.

Aksi para aktivis mahasiswa tersebut, dilakukan sebagai bentuk protes terhadap PT Gema Kreasi Perdana (GKP), meskipun perkara itu telah dinyatakan Clear nand Clean (CnC).

Dalam aksinya, mahasiswa menuntut beberapa hal menyangkut tambang asal Konawe Kepulauan (Konkep) itu. Tuntutan tersebut langsung ditanggapi oleh dewan dan akan ditindaklanjuti pada minggu selanjutnya.

Adapun tuntutan massa aksi diantaranya mengundang seluruh pihak terkait penambangan PT GKP di Wawonii Kabupaten Konawe Kepulauan (Konkep) untuk rapat dengar pendapat (RDP).

Usai mendengar demonstrasi mahasiswa, dewan mengajak massa aksi untuk berdialog. Massa pun diterima di ruang rapat sekretariat DPRD Sultra, Senin (14/3/2022).

Mahasiswa diterima anggota komisi III DPRD Sultra yang dipimpin oleh Aksan Jaya Putra (AJP), didampingi Salam Sahadia, Sulaeha Sanusi, dan Gunaryo.

Anggota Komisi III DPRD Sultra
Anggota Komisi III DPRD Sultra

“Kita akan jadwalkan pekan depan setelah kami dari Jakarta untuk urusan dinas terkait aspirasi dari masyarakat,” kata AJP saat menerima massa aksi.

Sementara itu, Salam Sahadia mengapresiasi massa aksi yang tertib dalam menyampaikan aspirasi. Dia (Salam Sahadia) menegaskan, jika Dewan pernah menerbitkan rekomendasi untuk penghentian aktivitas penambangan PT GKP.

Namun setelah berlakunya undang – undang nomor 3 2020 perubahan undang – undang nomor 4 2009 tentang Minerba, PT GKP di Wawonii Konkep kembali beroperasi karena telah mendapatkan RKAB sebab telah dinyatakan CnC oleh pemerintah pusat.

Usai dialog berlangsung, massa membubarkan diri dengan tertib. Massa kemudian melanjutkan aksinya di kantor Gubernur Sultra.

Sebelumnya, Perusahaan pertambangan PT. Gema Kreasi Perdana (GKP) di Konawe Kepulauan (Konkep) dinyatakan Clear and Clean (CnC).

Ini terungkap saat Ikatan Mahasiswa Muslim (IMM) Sulawesi Tenggara mengikuti Rapat Dengar Pendapat (RDP) bersama pihak perusahaan itu di Gedung DPRD Sultra, Selasa (8/3/2022) lalu.

RDP merupakan aspirasi IMM Sultra atas sejumlah persoalan di Konkep akibat hadirnya PT GKP. ” Kami kawatir akan berdampak pada lingkungan, ketika air menjadi kotor dan akhir dari buah kelapa yang menjadi harapan hidup masyarakat Konkep, ” Ucap aspirator IMM.

Hadir pada RDP itu, wakil Bupati Konkep Andi Lutfi, Direktur PT GKP bersama jajaran, inspektur tambang, Dinas Kehutanan dan Lingkungan hidup serta sejumlah pihak termasuk aspirator IMM Sultra.

Rapat dipimpin Ketua Komisi III DPRD Sultra, Suwandi didampingi Wakil Bupati Konkep, Andi Lutfi, Sudirman, Fajar Ishak, Salam Sahadia, H. Sulaeha Sanusi dan beberapa anggota lainnya.

Dalam rapat itu, pihak inspektur tambang menjamin dokumen PT GKP tak ada masalah dan sudah dapat beroperasi.

Demikian pula dari pihak Dinas terkait jika IPPKH dan izin lingkungan telah clear. Atas dasar inilah Izin Usaha Pertambangan (IUP) PT GKP terbit. tidak dicabut sebab sudah CnC.

Sementara itu Andi Lutfi mengatakan, kehadiran PT GKP merupakan investasi yang akan meningkatkan kesejahteraan masyarakat Konkep.

”Tidak ada masalah lagi di perusahaan ini semua lengkap, ini akan meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” jelasnya.

Pimpinan rapat, Suwandi dalam kesimpulan RDP itu menyampaikan agar memperhatikan seluruh kebutuhan dan tidak menyakiti masyarakat Konkep.

Segala persoalan yang terjadi diselesaikan secara kekeluargaan meski bukan persoalan perusahaan.

Editing: H5P

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *