Gelar Upacara HUT ke-58 Sultra, Gubernur Ajak Masyarakat Bersatu Bangun Daerah

Gubernur Sultra selaku inspektur upacara saat menyampaikan amanat
Gubernur Sultra selaku inspektur upacara saat menyampaikan amanat

SULTRAMEDIA.ID.,KENDARI – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulawesi Tenggara (Sultra) menggelar upacara peringan Hari Ulang Tahun (HUT) Sultra ke-58.

Upacara peringatan hari besar kelahiran Bumi Anoa itu, digelar di pelataran rumah jabatan (Rujab) Gubernur Sulawesi Tenggara.

HUT ke-58 tahun kali ini mengangkat tema “GARBARATA Wujudkan Iklim Investasi yang Kondusif, Menuju Sultra Aman, Maju, Sejahtera, dan Bermartabat”.

Turut hadir dalam acara tersebut, Forkopimda lingkup Provinsi Sultra, OPD se-Sultra, bupati dan wali kota se-Sultra, instansi vertikal lingkup Sultra, Ketua dan jajaran DPD KNPI Sultra, Ormas Cipayung, DPR RI dan DPD RI asal Sultra, Ketua DPRD Sultra, Dandrem 143/HO, tokoh masyarakat, tokoh agama, tokoh pemuda, dan insan pers.

Bertindak selaku inspektur upacara, Gubernur Sultra, H. Ali Mazi, SH dan komandan upacara dari perwakilan Satpol PP Provinsi Sulawesi Tenggara.

Acara diawali dengan laporan Komandan upacara kepada Inspektur upacara bahwa upacara akan segera dimulai, tepat pukul 10.23 Wita.

Baca Juga: Takbir Keliling Hingga Shalat EID 1443 H di Lapangan Ditiadakan, Begini Isi SE Bupati Muna

Giat dilanjutkan dengan penghormatan kepada Lambang Provinsi Sultra, diikuti dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya, dan mengheningkan cipta yang dipimpin langsung oleh inspektur upacara.

Dalam amanatnya, Inspektur Upacara mengucapkan rasa syukur karena kini Sulawesi Tenggara telah genap berusia 58 tahun.

“Alhamdulillah tepat Rabu 27 April ini Sulawesi Tenggara yang kita cintai telah berusia 58 tahun, semoga dari mulai terbentuknya hingga sampai saat ini dan ke depan daerah yang kita banggakan ini akan kian berjaya,” ujar Gubernur di awal sambutannya.

Di momen bersejarah itu, Gubernur berpesan kepada seluruh hadirin agar tidak memaknai hari besar Sultra hanya sebatas sebagai acara seremoni semata.

Namun lebih dari itu, kata Gubernur, peringatan hari jadi Sulawesi Tenggara merupakan momentum untuk merenungkan perjuangan tokoh-tokoh terdahulu yang telah berjuang memekarkan dan membangun Sultra hingga seperti sekarang.

“Semoga momen ini dapat membuka hati nurani kita akan sukarnya perjuangan pendahulu Sultra, semoga dapat membuka batin kita akan berharganya warisan yang ditinggalkan para pejuang kita,” pungkas Gubernur.

Sebagai penikmat perjuangan para pembesar Sultra 58 tahun lalu, tambah Gubernur, sudah sepatutnya kita memberikan apresiasi kepada mereka.

“Untuk itu, dalam momentum penuh makna ini, izinkanlah saya mengucapkan terimakasih dan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada tokoh pemekaran dan para gubernur terdahulu atas kontribusinya untuk Sulawesi Tenggara tercinta,” ungkap Gubernur penuh sahaja.

Baca Juga:

Kadis Pertanian Morowali Apresiasi PT Vale Atas Tanam Perdana SRI Organik di Uluere

Ungkapan terimakasih juga disampaikan Gubernur kepada bupati dan wali kota terdahulu di kabupaten/ kota yang telah mendedikasikan waktu dan tenaganya untuk pembangunan Sulawesi Tenggara di daerah masing-masing.

Atas perjuangan itu, sambung Gubernur, Sulawesi Tenggara meski menghadapi berbagai tantangan namun kini terus bergerak maju dalam berbagai aspek.

“Walaupun memang masih banyak kekurangan yang harus kita benah bersama demi kemajuan Sultra,” pungkas Gubernur.

Gubernur berharap meski Sulawesi Tenggara memiliki beragam adat dan budaya, namun masyarakat harus tetap bersatu, bersama kita bangun Sultra sesuai kapasitas masing-masing.

“Kita harus bangga menjadi masyarakat Sulawesi Tenggara, dengan begitu akan tumbuh semangat dan cinta membangun daerah ini,” imbuh Gubernur.

Di akhir sambutannya Gubernur mengucapkan terimakasih kepada semua pihak yang telah berpartisipasi dalam peringatan HUT Sultra ke-58 dan kepada seluruh tamu undangan yang telah meluangkan waktu untuk menghadiri hari terbentuknya daerah pimpinannya itu.

“Mari kita per kokoh persatuan dan terus bersinergi membangun Sultra, agar tercipta Sultra yang aman, maju, sejahtera, dan bermartabat,” tutup orang nomor satu di Sultra itu.

Usai menyampaikan amanat dan pemberian satya lencana karya satya kepada penerima, Inspekrur Upacara kemudian kembali ke Mimbar Kehormatan.

Acara ditutup dengan penghormatan kepada bendera lambang Sulawesi Tenggara sebelum dibawa meninggalkan tempat upacara, dilanjutkan dengan persembahan Mars Garbarata.

H5P

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *