Pameran HUT Sultra, Stand Dinas Cipta Karya Raih Juara 1 di Bidang Sosial dan Pembangunan

Kadis Cipta Karya saat menerima hadiah yang diberikan langsung oleh Wali Kota Baubau
Kadis Cipta Karya saat menerima hadiah yang diberikan langsung oleh Wali Kota Baubau

SULTRAMEDIA.ID.,BAUBAU – Stand Dinas Cipta Karya, Bina Konstruksi, dan Tata Ruang menyabet juara 1 untuk kategori Bidang Sosial dan Pembangunan.

Perolehan juara itu, diraih Dinas Cipta Karya dalam momen pameran yang diselenggarakan Pemerintah Provinsi Sulawesi Tenggara sebagai rangkaian dari Hari Ulang Tahun (HUT) Sultra ke-58, Sabtu 28 Mei 2022 malam.

Selain Dinas Cipta Karya, Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi serta Dinas Sumber Daya Air dan Bina Marga juga meraih juara di bidang sama secara berturut juara II dan III.

Pada kesempatan itu juga dilakukan pengumuman dan penyerahan hadiah bagi stand pameran terbaik (tingkat OPD pemprov dan tingkat pemerintah kabupaten/kota) di bidang layanan publik dan bidang ekonomi, serta juara Napak Tilas

Kategori bidang layanan publik masing-masing juara I, II, dan III secara berturut-turut adalah Rumah Sakit Bahteramas, Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil, dan Dinas Penanaman Modal Daerah Pelayanan Terpadu Satu Pintu.

Juara kategori bidang ekonomi diraih Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Juara I), Dinas Pariwisata (Juara II), dan Dinas Tanaman Pangan dan Peternakan (Juara III).

Adapun stand terbaik untuk kategori Pemerintah kabupaten/kota masing-masing diraih oleh Kabupaten Wakatobi (Juara I), Kolaka Timur (Juara II), Konawe Utara (Juara III), Muna (Juara IV), Konawe Kepulauan (Juara V), dan Kota Baubau (Juara VI).

Adapun lomba-lomba dalam rangka Napak Tilas Oputa Yi Koo, untuk kategori kelompok favorit dimenangkan oleh Kolopua Team, Kategori Yel-Yel diraih masing-masing oleh SMAN 5 Baubau (Juara I), Mapala UMB I (Juara II), dan SMAN I Kadatua (Juara III).

Sedangkan untuk juara umum Napak Tilas diraih oleh Tim Veres (Juara I), Tim Beloka (Juara II), dan Tim STKIP Bersama (Juara III). Kegiatan Napak Tilas ini diikuti oleh kurang lebih 300 peserta dari seluruh Indonesia.

Kegiatan Pameran Pembangunan, Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, dan Napak Tilas Oputa Yi Koo 2022 yang diselenggarakan di Kota Baubau itu, ditutup langsung oleh Gubernur Sulawesi Tenggara (Sultra), Ali Mazi.

Giat turut dihadiri Ketua DPRD Sultra, Abdurrahman Shaleh dan sejumlah anggota DPRD, Wali Kota Baubau, La Ode Ahmad Monianse selaku tuan rumah, sejumlah bupati, dan jajaran kepala OPD lingkup pemprov dan kabupaten/kota se-Sultra.

Dalam sambutannya, Gubernur bersyukur karena kegiatan berlangsung dengan baik dan antusiasme masyarakat begitu tinggi. Jumlah pengunjung diperkirakan mencapai 15 ribu orang.

Bahkan, selama pameran berlangsung pada 22 Mei 2022 lalu, turut menggerakkan roda perekonomian masyarakat, dengan nilai transaksi sekitar Rp 1 miliar.

Selain kegiatan yang berdimensi ekonomi, pameran ini juga menghadirkan layanan publik dan pemerintahan, diantaranya layanan kependudukan, kesehatan, Samsat, kemasan produk UMKM, dan layanan laporan administrasi pembangunan.

Secara khusus, Gubernur menyampaikan ucapan terima kasih dan apresiasi kepada seluruh panitia pelaksana yang dipimpin oleh Pj. Sekda Provinsi, Asrun Lio, Biro Pembangunan Setda Sultra yang mengoordinir kegiatan pameran, Pemerintah Kota Baubau sebagai tuan rumah, dan Pemerintah Kabupaten Buton atas dukungannya dalam penyelenggaraan Napak Tilas.

Ucapan terima kasih juga disampaikan kepada seluruh peserta yang berpartisipasi, seluruh petugas keamanan dan ketertiban TNI/Polri dan Satpol PP.

“Sampai jumpa pada event daerah Sultra lainnya, dengan terus menggelorakan semangat Bangga Menjadi Masyarakat Sultra, Bangga Membangun Daerah untuk Sultra Masa Depan Indonesia,” tutup Gubernur.

Rangkaian penutupan kegiatan ini juga dimeriahkan oleh band legendaris asal ibukota, Tipe X.

H5P

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *