KNPI Sultra Peduli, Alvin Gandeng Dinsos Salurkan Bantuan ke Korban Kebakaran Puuwatu dan Nangananga

Foto bersama saat penyaluran bantuan di TPAS Puuwatu
Foto bersama saat penyaluran bantuan di TPAS Puuwatu

SULTRAMEDIA.ID.,KENDARI – Dewan Pengurus Daerah (DPD) Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) bersama Dinas Sosial (Dinsos) Sultra memberikan bantuan kepada korban kebakaran di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Kecamatan Puuwatu Kota Kendari.

Selain di TPA Puuwatu, bantuan juga diberikan kepada korban kebakaran lainnya di Kecamatan Nangananga Kota Kendari, Minggu (12/06/2022).

Setelah mengetahui perihal peristiwa kebakaran di TPAS Puuwatu, Ketua Umum (Ketum) DPD KNPI Sultra, Alvin Akawijaya Putra langsung mengkoordinasikan hal tersebut dengan Dinas Sosial Sultra dan memerintahkan Bidang Sosial dan Bantuan Bencana KNPI Sultra untuk turun langsung di Tempat Kejadian Perkara (TKP).

Hal itu, diungkapkan oleh Sekretaris Bidang Sosial dan Bantuan Bencana, Muhammad Amang saat dihubungi via WhatsApp.

“Atas usul cepat tanggap Ketua KNPI Sultra, kami bersama Dinsos Sultra, serta komunitas peduli bencana se-Sultra menyalurkan donasi kepada masyarakat korban kebakaran di dua titik tersebut,” ujar Amang.

Amang mewakili Ketum KNPI Sultra mengatakan, Penanggulangan bencana merupakan tugas seluruh elemen baik itu pemuda, masyarakat, pemerintah, dan seluruh stakeholder terkait.

“DPD KNPI Sultra di bawah kepemimpinan Alvin Akawijaya Putra memastikan akan terus hadir di tengah-tengah masyarakat yang terdampak bencana baik itu bencana kecil, sedang, maupun besar,” tukas aktivis GMNI Kendari itu.

Guna meringankan beban keluarga korban kebakaran di Kecamatan Puuwatu dengan jumlah 27 KK yang terdiri dari 74 Jiwa, KNPI bersama Dinsos menyerahkan bantuan berupa kasur, tenda, peralatan masak-memasak, dan makanan

Agar memudahkan penyaluran bantuan kepada korban bencana ke depannya, Bidang Sosial dan Kebencanaan KNPI Sultra telah merencanakan Program MTDB (Manajemen Tanggap Darurat Bencana) yang akan dilaksanakan pada Juli 2022 mendatang.

Selain itu KNPI Sultra juga akan membentuk lembaga semi otonom pemuda peduli bencana.

Usai memberikan bantuan, Kepala Dinas (Kadis) Dinsos Sultra mengatakan pihaknya bersama KNPI Sultra telah memberikan 74 kasur, 26 terpal, dan 1 set alat masak, serta per makanan kepada korban kebakaran.

Sebelumnya kata Kadinsos Sultra, saat kejadian kebakaran di TPAS Puuwatu, Dinsos Sultra bekerja sama dengan Dinsos Kota Kendari telah menyalurkan bantuan berupa dapur umum.

Kemarin dan hari ini, tambahnya, kami menyalurkan bantuan dari Kementerian Sosial berupa berbagai perlengkapan. “Saat ini kami tengah mengupayakan bantuan hunian tetap (Huntap) untuk warga Puuwatu, Bungkutoko, dan Nanga-nanga, dengan total bantuan 40 rumah”.

Kadinsos menghimbau kepada seluruh masyarakat agar saling membantu meringankan beban warga yang terkena musibah, saat ini mereka sangat membutuhkan uluran tangan atau bantuan kita semua.

“Untuk bantuan pakaian sudah cukup, yang paling dibutuhkan kini adalah bahan makanan dan air minum,” ujar Kadinsos Sultra.

H5P

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *