Arus Balik, Pelabuhan Tampo Dipadati Ribuan Penumpang

Arus Balik, Pelabuhan Tampo Dipadati Ribuan Penumpang

SULTRAMEDIA.ID.,MUNA – Lebaran, baik Hari Raya maupun Idul Adha tidak terlepas dari arus mudik dan arus balik.

Merayakan Idul Adha pasca pandemi tahun ini, membuat pemudik berbondong-bondong pulang ke kampung halaman guna merayakan hari raya kurban bersama sanak saudara.

Hal tersebut tentu membuat kepadatan penumpang di beberapa titik penyebrangan, salah satunya di Pelabuhan Tampo Kabupaten Muna Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra).

Sejak Senin, 11 Juli 2022 kemarin, diperkirakan ribuan penumpang yang akan kembali ke Kota Kendari dan sekitarnya telah memadati pelabuhan penghubung ke Torobulu Kabupaten Konawe Selatan itu.

Akibatnya, antrian panjang pun tak bisa dihindari, bahkan beberapa kendaraan baik roda dua maupun roda empat terpaksa harus menginap di area pelabuhan.

Kepala Operasional Pelabuhan Penyeberangan Tampo, Indra Jaya
Kepala Operasional Pelabuhan Penyeberangan Tampo, Indra Jaya

Hal itu diungkapkan langsung oleh Kepala Operasional Pelabuhan Penyeberangan Tampo, Indra Jaya saat ditemui awak media di area pelabuhan, Selasa (12/07) sore hari.

Baca Juga: Hilang Saat Memancing Paruh Baya Asal Napabalono Ditemukan Tak Bernyawa

Menurut Indra, penumpukan penumpang salah satunya diakibatkan karena kekurangan kapal yang beroperasi di dermaga.

“Kapal yang mengangkut penumpang dari Tampo ke Torobulu atau sebaliknya, sebenarnya ada 3 hanya saja mendekati mudik kemarin 1 (satu) kapal rusak dan tidak dapat digunakan untuk sementara waktu, hingga hanya menyisahkan 2 kapal,” ujar Indra.

Untuk mengantisipasi kepadatan penumpang di masa arus balik, Kepala Ops Pelabuhan Tampo bersama UPTD Torobulu telah menambah jadwal keberangkatan kapal.

“Biasanya kami berangkat trip pertama jam 09.00 Wita, namun sejak pagi tadi kami mulai sejak pukul 07.00 Wita hingga jam 19.00 malam nanti,” terang orang nomor satu di Pelabuhan Tampo itu.

Kini, ucap Indra, penumpang meningkat 2 hingga 3 kali lipat dibanding hari biasanya, “penumpang kapal sejak pagi tadi diperkirakan telah mencapai 2 ribu lebih”.

Agar operasi kapal kembali normal dan menghindari penumpukan penumpang di dermaga, tim teknisi Pelabuhan Tampo terus melakukan perbaikan terhadap kapal yang mengalami kerusakan.

Nampak, ratusan penumpang beroda dua dan puluhan kendaraan beroda empat masih memadati area antri masuk pelabuhan. Penumpang tak berkendara pun turut meramaikan area Dermaga Tampo.

Sebagai Kepala Ops Pelabuhan, Indra berharap seluruh penumpang dapat selamat sampai di tempat tujuan tanpa kekurangan satu apapun.

Meski pandemi telah usai, Indra mengaku masih menghimbau calon penumpang untuk tetap mematuhi protokol kesehatan, walau tidak seketat di masa pandemi.

H5P

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *