Berkunjung ke Keraton Butur, Alvin Akawijaya Diberkati Doa dari Puluhan Tetua Adat

Berkunjung ke Keraton Butur, Alvin Akawijaya Diberkati Doa dari Puluhan Tetua Adat

SULTRAMEDIA.ID., BUTUR – Ketua Umum (Ketum) Dewan Pengurus Daerah (DPD) Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) berkunjung ke Keraton Buton Utara (Butur).

Kunjungan tersebut, dilakukan Alvin usai mengikuti upacara memperingati Hari Sumpah Pemuda (HSP) ke-94 di Lapangan Raja Jin Kulisusu, Butur.

Setibanya di Keraton, Alvin disambut baik oleh para tetua penjaga keraton. Orang nomor satu di KNPI Sultra itu pun dituntun untuk memegang kulit kerang besar atau biasa di kenal warga dengan Kulisusu (nama salah satu jenis kerang di Butur) yang dianggap sakral di Keraton Butur.

Di sekeliling Kulisusu dipagari dengan bebatuan dan diletakan di dalam lubang galian bundar seperti sumur gali pendek, Alvin dan rombongan secara bergilir pun menuruni anak tangga untuk mencapai Kulisusu tersebut.

Masyarakat Butur percaya bahwa Kulisusu dapat menghantarkan terkabulnya doa, sehingga sudah menjadi tradisi setempat jika masuk dan memegang Kulisusu biasanya warga akan memanjatkan permohonan dan segalah hajat keinginan.

Usai memegang Kulisusu, Alvin puu mengunjungi beberapa makan pahlawan dan leluhur di area Keraton Butur.

Usai Shalat Jumat bersama di Masjid Keraton Buton, Alvin disambut oleh puluhan tetua adat di Baruga (rumah adat khas Buton, biasanya berupa rumah panggung dari kayu tanpa dinding dan sekat) Keraton Butur.

Raja Keraton, Lakina Barata Kulisusu pun turut mendampingi Alvin. Mereka duduk tepat bersebelahan dengan Alvin, sembari memberi pencerahan tentang Keraton Butur.

Menurut Lakina Barata Kulisusu, La Ode Ahlul Musafi, Kabupaten Buton Utara dibangun atas dasar berdasarkan rembukan para pemangku adat.

“Dalam kehidupan bermasyarakat, kami selalu mengambil keputusan berdasarkan musyawarah mufakat, kami dudukan bersama membahas segalah urusan di Baruga Keraton ini,” ujar Lakina Barata Kulisusu.

Tak lupa, Lakina Barata Kulisusu juga mendoakan agar Alvin selalu sehat walafiat dan kembali ke Kendari tanpa kurang satu apapun. Ia juga mendoakan agar KNPI selalu berjaya.

Dalam kesempatan bincang bersama raja dan para pemangku adat tersebut, Ketua KNPI Sultra mengucapkan banyak terimakasih karena sudah diterima dan disambut dengan baik di Keraton Buton.

“Saya sangat Berung bisa bertemu dengan masyarakat adat, tokoh pemerintah, dan ketua KNPI Butur, karena telah menyambut saya dengan penuh kehangatan,” kata Alvin di hadapan para pemangku adat.

Setelah Ia berkeliling meninjau kompleks keraton, Alvin meminta izin untuk memperbaiki dan meremajakan beberapa spot yang ada di Keraton Butur agar dimintai banyak wisatawan.

Salah satu yang diusulkan Alvin yakni, penataan makan pahlawan dan tetua di Keraton Butur, perbaikan pondok inap penjaga Keraton, dan penggantian kayu Baruga yang nampak mulai lapuk dimakan usia.

Menanggapi hal tersebut, para pemangku adat menyambut baik usulan Alvin. “Kami sangat senang jika bisa dibantu, yang terpenting konek dengan pemerintah daerah, DPRD, dan Dinas Pariwisata”.

Setelah selesai berbincang, Lakina Balaki Kulisusu dan puluhan pemangku tetua dengan dipimpin oleh 4 imam besar bersama-sama mendoakan keberhasilan Ketum KNPI Sultra.

H5P

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *