Wakatobi Wave dan Kande-Kandea Masuk Kalender Wisata Nasional

Kegiatan peluncuran kalender wisata nasional.

SULTRAMEDIA.ID,.KENDARI. Even Wakatobi Wave di Kabupaten Wakatobi dan Kande-Kandea Tolandona Kabupaten Buton Tengah, Sulawesi Tenggara (Sultra) dimasukkan dalam kalender wisata nasional.

Kedua even itu, dimasukkan saat peluncuran kalender wisata nasional yang dibuka langsung oleh Menteri Pariwisata dan Ekraf, Sandiaga Uno, di Plaza Keong Mas, Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Jakarta, Sabtu (28/1/2023).

Pada saat peluncuran tersebut, dikemas dengan nama Karisma Event Nusantara 2023 dan Sport, Music, & Creative Event Calender (SPORTIVE). Festival itu turut dihadiri oleh Kepala Dinas (Kadis) Pariwisata dan Ekraf Sultra, Belli Tombili bersama dengan Kadis pariwisata provinsi se-Indonesia dan perwakilan kabupaten/kota se-Indonesia yang daerahnya menjadi penyelenggara event terpilih.

Kadis Pariwisata dan Ekraf Sultra, Belli Tombili menyampaikan, penentuan dua even wisata di Sultra masuk dalam kalender nasional dimulai sejak tahun lalu. Proses seleksinya diawali dengan meminta setiap daerah mengusulkan event-nya, lalu menjalani kurasi dari panitia pusat.

“Wakatobi Wave yang dilaksanakan oleh Kabupaten Wakatobi dan Festival Kande-Kandea Tolandona yang dilaksanakan Kabupaten Buton Tengah, menjadi wakil Sultra dalam kalender wisata nasional,” ujarnya melalui pesan tertulis, Minggu (29/1/2023).

Lanjutnya, Sultra mengusulkan sebanyak 10 event wisata. Setelah dilakukan kurasi dan penilaian yang cukup panjang, panitia KEN 2023 hanya menetapkan dua event.

“Ini tantangan bagi seluruh kabupaten/kota di Sultra untuk dapat membuat event yang bisa masuk dalam kalender wisata nasional,” terangnya.

Diketahui, Event Wakatobi Wave dan Festival Kande-Kandea sendiri telah masuk dalam kalender event nasional sejak tahun 2022 silam. Kegiatan yang masuk dalam Karisma Event Nusantara (KEN) akan mendapat dukungan dari Kemenparekraf dalam pelaksanaannya.

KEN sebagai salah satu program strategis Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif dalam mendukung dan mengembangkan event-event di seluruh Indonesia, dan telah sukses terselenggara sejak tahun 2021.

Pada tahun 2022, KEN dinilai telah memberikan dampak signifikan bagi pergerakan wisatawan nunsantara, peningkatan ekonomi, dan kebangkitan sektor lapangan kerja.

Pada tahun 2023 ini, dalam rangka melanjutkan kesuksesan tersebut, Kemenparekraf akan meluncurkan KEN 2023 dan Sport, Music, dan Creative Event Calender (SPORTIVE) yang bertujuan untuk mempromosikan event-event unggulan di Indonesia, sekaligus mendukung Program Bangga Berwisata di Indonesia Aja (BBWI).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *