Rapat Gabungan, Dinas Parekraf Muna Inisiasi Dorong Desa Wisata

Rapat gabungan OPD.

SULTRAMEDIA.ID,.RAHA. Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Parekraf) Kabupaten Muna, Sulawesi Tenggara (Sultra), gelar rapat koordinasi gabungan, di Ruang rapat dinas Parekraf, Senin (6/2/2023).

Kepala Dinas Parekraf, Syahrir menyampaikan, rapat tersebut sebagai upaya guna mendorong Desa di Muna menjadi berinovasi dan berdaya saing.

“Pemkab Muna tengah menyiapkan desa wisata untuk mengikuti anugerah pesona indonesia dan anugerah desa wisata indonesia,” ujarnya saat diwawancarai usai rapat gabungan.

Syahrir menyebut, desa wisata saat ini menjadi trend baru pengembangan pariwisata di Indonesia. Hal ini sesuai dengan arah pandang Kementerian Pariwisata dalam pengembangan pariwisata untuk mengimplementasikan inovasi, adaptasi dan kolaborasi.

Menjadi kunci utama menyambut pariwisata era baru pasca pandemic dengan mengedepankan aspek kualitas dan keberlanjutan lingkungan serta memberi manfaat pada usaha-usaha masyarakat sehingga lapangan kerja terbuka seluas-luasnya.

“Desa-desa yang bakal diikut sertakan sudah siap tinggal saling berkolaborasi satu sama lain,” ujarnya

Syahrir menambahkan, program desa wisata juga sejalan dengan Program Pakemsisdesa yang sedang dirintis oleh Pemkab Muna.

Sehingga, melalui rapat gabungan tersebut pihaknya saling mendukung satu sama lain dengan berbagai OPD, Pemcam dan Pemdes.

“Tahun 2023 Dinas Parekraf tak memiliki anggaran sehingga kita mendorong OPD lainnya untuk mendorong kesiapan desa wisata. Begitupun juga pihak kecamatan dan desa harus mempersiapkan diri,” pungkasnya.

Turut hadir dalam kegiatan itu, Ketua PKK Muna, Yanti Setiawati,
Kepala/Kabid OPD, Camat dan Kepala Desa yang memiliki potensi wisata.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *