Pencanangan Germas, UPTD Puskesmas Batalaiworu Muna Sosialisasikan Pola Hidup Sehat

Pencanangan Germas se Kecamatan Batalaiworu.

SULTRAMEDIA.ID,.RAHA. UPTD Puskesmas Batalaiworu gelar pencanangan gerakan masyarakat hidup sehat (Germas), di lapangan Sepak Bola Desa Wakorambu Kecamatan Batalaiworu Kabupaten Muna, Sulawesi Tenggara, Jumat (17/2/2023).

Pada kesempatan itu, Kepala UPTD Puskesmas Batalaiworu, Asmaidah menyampaikan, Germas merupakan sebuah gerakan yang bertujuan untuk memasyarakatkan budaya hidup sehat dan meninggalkan kebiasaan serta perilaku masyarakat yang kurang sehat.

Selain itu, Germas juga merupakan bagian dari program Nawacita Presiden Joko Widodo dalam meningkatkan kualitas hidup manusia indonesia.

“Pencanangan Germas kali ini dilakukan secara menyeluruh di tingkat Kecamatan Batalaiworu. Alhamdulillah, dari target yang hadir 60 orang ternyata 200 orang ikut turut memeriahkan,” ujar Asmaidah saat memberikan sambutan.

Lanjutnya, ada 5 Kluster pokok Germas yakni:

1. Peningkatan aktifitas fisik;
2. Peningkatan pangan sehat;
3. Peningkatan edukasi perilaku hidup bersih dan sehat;
4. Pencegahan deteksi dini penyakit; dan
5. Peningkatan kualitas lingkungan.

“Perlu kita pertahankan budaya sehat dengan niat dan kerjasama semua lapisan masyarakat serta pemerintah,” jelasnya.

Asmaidah menyebut, kegiatan pencanangan Germas yang digelar meliputi kerja bakti, senam, pemeriksaan kesehatan, sosialisasi dan pengenalan makanan sehat. Pada kegiatan itu pihaknya juga menyiapkan 5 dokter umum dari Puskesmas untuk melakukan pemeriksaan kesehatan masyarakat.

Selain itu, Asmaidah menekankan, selama 2 tahun kepemimpinannya, UPTD Puskesmas Batalaiworu menjadi nomor satu se Kabupaten Muna dalam pelayanan kesehatan dan berkinerja baik.

Puskesmas didorong agar masyarakat yang datang berkunjung bukan orang dalam kondisi sakit. Tetapi orang sehat yang datang berkunjung untuk berkonsultasi mengenai kesehatan dan pola hidup sehat.

Sehingga, kedepan ia berharap masyarakat di wilayah Batalaiworu terus membudayakan da menjaga pola hidup sehat.

“Orang-orang tua dulu selalu menjalankan pola hidup sehat sehingga jarang yang terkena hipertensie dan stroke. Olehnya itu perlu kita pertahankan dan saling mendukung satu sama lain,” ungkapnya.

Sementara itu, Camat Batalaiworu Laode Ahmadi mengingatkan, semua pihak harus terua menumbuhkan kesadaran dan mensosialisasikan Germas .

Masyarakat ditekankan harus mampu mempraktekkan dan mempertahankan budaya dan pola hidup sehat.

“Perlu kesadaran untuk menumbuhkan kemauan berbicara tentang germas. Salah satu modal manusia yakni sehat. Kesehatan bukan segala-galanya tapi bisa menghabiskan segala-galanya,” tekannya.

Usai kegiatan pencanangan Germas, dilanjutkan dengan temu Kader Posyandu se Kecamatan Batalaiworu. Sejumlah arahan, masukan dan keluh kesah menjadi topik temu Kader.

Kegiatan tersebut selain dihadiri Camat Batalaiworu Laode Ahmadi dan Kepala Puskesmas Asmaidah beserta jajaran, juga Bhabinkamtibmas Polsek Katobu IPDA Deabidin, Kades Wakorambu Laode Harsa, Kades Wawesa Laode Baidar, Seklur Sidodadi Sulfiati Murni, tokoh masyarakat, pemuda dan kader Posyandu se Kecamatan Batalaiworu.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *