KPU Konsel Lakukan Tahapan Coklik dan Verfak Dukungan Calon DPD RI

Komisioner KPU Konawe Selatan Koodinator Divisi (Kordiv) Teknis, Asriani S.Kep Ns.

SULTRAMEDIA.ID,.KONAWE SELATAN. Komisi Pemilihan Umum (KPU) Konawe Selatan (Konsel) Sulawesi Tenggara (Sultra) saat ini tengah melakukan dua tahapan pemilihan umum 2024. Kedua tahapan itu, yakni Pencocokan dan Penelitian Daftar Pemilih (Coklit) dan verifikasi faktual (Verfak) dukungan perseorangan bakal calon Dewan Perwakilan Daerah (DPD).

Hal itu diungkapkan oleh Komisioner KPU Konawe Selatan Koodinator Divisi (Kordiv) Teknis, Asriani S.Kep Ns.

Asriani mengatakan, coklit yang dimaksud tersebut ialah merupakan rangkaian tahapan untuk pemutakhiran daftar pemilih.

“Dilaksanakan sejak Februari sampai Maret oleh panitia pemutakhiran data pemilih (Pantarlih). Coklit sampai saat ini masih terus dilakukan oleh petugas Pantarlih,” ucap Asriani.

Di sisi lain, lanjutnya, ada tahapan verifikasi faktual dukungan perseorangan DPD. Dimana verifikasi ini dilakukan oleh Panitia Pemungutan Suara (PPS).

Lebih lanjut Asriani menjelaskan, verifikasi faktual syarat dukungan bakal calon DPD dengan ketentuan minimal 2.000 dukungan dari persebaran wilayah Sulawesi Tenggara. Salah satunya di Konawe Selatan.

“Syarat dukungan inilah yang dilakukan dari 28 bakal calon DPD apakah memenuhi syarat, belum memenuhi syarat atau tidak memenuhi syarat,” jelasnya.

Dalam verifikasi bakal calon DPD hanya melakukan pleno rekap dukungan yang dijadwalkan dari tanggal 27 sampai 28 Februari.

Sejauh ini tambah, Asriani, di Konawe Selatan mengenai syarat dukungan bakal calon DPD masih bervariatif.

“Yakni ada yang telah memenuhi syarat, belum memenuhi syarat dan tidak memenuhi syarat,” pungkasnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *