Kupedes Bangkit, Bangkitkan Ekonomi Nelayan

Masdir, Nelayan di Pomaala Kabupaten Kolaka.

KENDARI, SULTRAMEDIA.ID,.—

Melalui program Kupedes Bangkit dari PT Bank Rakyat Indonesia Tbk. untuk membantu permodalan bagi pelaku UMKM, nelayan, dan lainnya, telah membawa Masdir menjadi seorang nelayan sukses.

Saat ditemui oleh awak media di kediamannya beberapa waktu lalu, Masdir pun menceritakan bagaimana BRI membawa perubahan ekonomi dalam perjalanan hidupnya.

Awalnya Masdir hanyalah seorang nelayan kecil yang menangkap ikan dengan peralatan seadanya, ketika pandemi Covid-19 melanda, himpitan ekonomi kian menerpa rumah tangganya yang kala itu hanya mengharapkan hasil tangkapan Masdir sebagai kepala keluarga.

Biaya peralatan sekolah anak di masa pandemi yang mengharuskan belajar secara daring pun harus membuat Masdir terus melaut di masa pandemi meski dengan alat tangkap seadanya dan tanpa perahu.

Tak ingin berpasrah dengan keadaan, Masdir pun berupaya untuk mengubah nasib hidupnya dengan mencari pinjaman modal guna membeli perahu dan peralatan pancing yang lebih baik. Namun, situasi pandemi membuatnya kesulitan mendapatkan tambahan modal.

Untungnya, Masdir memberanikan diri mengajukan pinjaman di bank BRI dan akhirnya Ia mendapat pinjaman modal sebesar Rp10.000.000; (sepuluh juta rupiah).

Sejak saat itu, Masdir mulai melengkapi peralatan pancingnya sedikit demi sedikit, hasil tangkapannya pun mengalami peningkatan.

“Hasilnya tak hanya cukup untuk membayar angsuran tapi juga cukup untuk biaya hidup keluarga saya, Alhamdulillah,” ujar Masdir penuh syukur.

Tak ingin berpuas dengan keadaanya, Masdir pun kembali menghubungi kenalannya di Bank BRI untuk menanyakan program pinjaman untuk tambahan modal usaha. Dari situlah awal mula Masdir mengenal program Kupedes Bangkit.

Tak main-main lewat program Kupedes Bangkit, Masdir diberikan kepercayaan tambahan modal oleh Bank BRI sebesar Rp100.000.000; (seratus juta rupiah).

Dari modal itu, Masdir sangat terbantu. Selain membuat perahu yang lebih besar, Masdir juga menjadi seorang pengepul ikan. Ia membeli ikan dari nelayan untuk dijual kembali dengan keuntungan yang menjanjikan.

“Ini semua tak lepas dari kepercayaan BRI kepada saya, kalau tidak mana mungkin saya membuat perahu dan bisa beli ikan nelayan lain,” kata Masdir dengan nada bergetar haru.

Berkat bantuan Kupedes Bangkit dari Bank BRI, kini Masdir dan keluarga dapat merasakan manisnya hidup tanpa jeratan dan himpitan ekonomi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *