Program BSPS Kementerian PUPR Sasar 205 Unit Rumah Warga Baubau

Tim BSPS saat monitoring di Baubau, Selasa (4/4/2023).

BAUBAU, SULTRAMEDIA.ID,.—

Pembangunan rumah layak huni melalui Program BSPS terus dilaksanakan pemerintah Kota Baubau bekerja sama dengan Kementerian Pekerjaan Umum Dan Pekerjaan Rakyat melalui Balai pelaksana penyediaan perumahan Sulawesi III Satker Perumahan Pemprov Sultra.

Program Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS) itu menyasar masyarakat kurang mampu yang tinggal di rumah tidak layak huni (RTLH).

Sebanyak 205 Unit Rumah Warga akan mendapatkan bantuan BSPS yang tersebar di 19 Kelurahan dari 8 Kecamatan yang ada di Kota Baubau.

Kasatker Balai Perumahan Pemprov Sultra, Pieter Pakabu mengatakan, program tersebut disalurkan untuk membantu masyarakat untuk meningkatkan kualitas RTLH menjadi rumah yang layak huni.

“Setiap unit rumah mendapatkan bantuan stimulan Rp20 juta, yang dapat digunakan untuk membeli bahan bangunan sebesar Rp17,5 juta dan Rp2,5 juta untuk upah tukang. Masyarakat juga harus berswadaya dengan mengalokasikan dananya serta membuat kelompok dalam proses pembangunannya,” katanya, Selasa (4/4/2023).

Lanjutnya, Kegiatan Monitoring dan evaluasi dilaksanakan pada pembangunan Rusun UMB dan 9 unit rumah BSPS di kelurahan Sulaa yang akan dilanjutkan dengan kunjungan lainnya di kota Baubau.

Kota Baubau memiliki kuota Regular sebanyak 135 unit dan Program Prioritas pemberantasan kemiskinan sebanyak 70 unit sekitar 100% lebih dari bantuan tahun sebelumnya yang hanya 83 unit.

“Semuanya sudah dalam tahap konstruksi pengerjaan pembangunan semua proses dan prosedur pelaksanaan bebas biaya dan terkontrol karena penggunaan dana akan berlangsung secara sistematis dari Bank mandiri ke Toko bangunan oleh setiap penerima bantuan,” ujarnya.

Pihaknya menargetkan pada Juni mendatang pekerjaan tersebut telah rampung sesuai dengan target.

Sementara itu Kadis Perumahan Kota Baubau, Siti Amalia Abibu menambahkan, sebagai program Pemkot Baubau dalam rangka penataan kawasan pemukiman RTLH, menyambut baik kegiatan tersebut.

“Kami turun langsung menemani dan mendampingi setiap proses Monev yang dilakukan Balai pelaksana penyediaan perumahan Sulawesi III Satker Perumahan Pemprov Sultra,” ungkapnya.

Bantuan dari APBN ini Kota Baubau berhasil mendapatkan 205 Unit Rumah yang akan dibedah swadaya di Kecamatan Betoambari, Wolio dan Bungi.

“Semoga kedepannya akan semakin banyak rumah yang bisa mendapatkan program BSPS agar masyarakat Kota Baubau mendapatkan kenyamanan dan juga sebagai upaya dan tugas kami dalam membangun Kota Baubau,” pungkasnya.

Writer: LitaEditor: Redaksi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *