Gelar Upacara HUT Sultra ke-59, Gubernur Tekankan Pentingnya Persatuan dan Bangga Jadi Anak Sultra

Upacara HUT Sultra Ke- 59.

KENDARI, SULTRAMEDIA.ID,.—

Pemerintah Provinsi Sulawesi Tenggara (Pemprov Sultra) menyelenggarakan upacara peringatan hari ulang tahun (HUT) Sultra ke-59, Kamis (27/04/2023) pagi di pelataran Kantor Gubernur Provinsi Sulawesi Tenggara.

Acara diawali dengan pembacaan sejarah awal terbentuknya Sulawesi Tenggara sebagai salah satu provinsi di Indonesia.

Bertindak selaku Inspektur Upacara, Gubernur Provinsi Sulawesi Tenggara, H. Ali Mazi, SH dan Kepala Satuan Polisi Pamong Praja Prov. Sultra, La Ode Daerah Hidayat Ilahi selaku komandan upacara.

Giat dilanjutkan dengan laporan komandan upacara kepad inspektur upacara bahwa upacara segera dimulai, dilanjutkan dengan penghormatan kepada lambang Provinsi Sulawesi Tenggara, menyanyikan lagu Indonesia Raya, dan mengheningkan cipta.

Dalam amanatnya, Gubernur selaku pimpinan pemerintah Sultra mengingatkan sekaligus mengajak kepada seluruh hadirin untuk mengenang jasa para pahlawan karena pembangunan dan pertumbuhan ekonomi yang kita saksikan dan rasakan hingga saat ini tidak lepas dari upaya dan kerja keras para pendahulu kita.

Oleh karena itu, kata Gubernur, kembali dengan penuh rasa hormat dan tidak henti-hentinya kita harus menyampaikan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada mereka tokoh pejuang berdirinya Provinsi Sulawesi Tenggara dan mereka yang tidak dapat disebutkan satu-persatu yang telah mendedikasikan dirinya untuk daerah Sulawesi Tenggara.

Upacara HUT ke- 59 di pelataran Kantor Gubernur Sultra.

“Semoga kerja keras dan sumbangsih mereka tercatat sebagai amal kebaikan masing-masing dan mendapatkan balasan pahala yang sebaik-baiknya,” ujar Gubernur.

Tidak lupa, tambah Gubernur, ungkapan terimakasih yang sebesar-besarnya juga disampiakn kepada pemerintah pusat yang telah mendukung pembangunan di wilayah Sulawesi Tenggara.

“Kita selaku penikmat hasil kerja keras dan karya para pendahulu perlu menunjukkan apresiasi dengan melakukan hal-hal positif sebagai salah satu upaya penghargaan atas apa yang telah dicapai dalam pembangunan Sulawesi Tenggara,” pungkas gubernur.

Gubernur mengingatkan, hal terpenting yang mesti ditanamkan dalam kehidupan saat ini adalah masyarakat Sultra harus memiliki kesadaran kolektif bahwa meskipun kita berbeda suku, budaya, agama, dan status sosial dalam keragaman tapi harus dilandasi oleh pemikiran dan semangat aku bangga menjadi anak Sultra, bangga membangun daerah Sulawesi Tenggara.

Kebanggaan tersebut, sambungnya, termanifestasi dalam sebuah komitmen untuk terus meningkatkan peran dan kontribusi positif sesuai dengan kapasitas masing-masing demi mendorong kemajuan Sulawesi Tenggara ke arah yang lebih baik di masa kini dan masa yang akan datang.

“Kita mesti bersyukur bahwa Sulawesi Tenggara dari waktu ke waktu terus mengalami kemajuan, namun demikian dibalik capaian kemajuan yang ada kita peroleh, tidak boleh menutup mata bahwa masih banyak yang perlu kita benahi dan tingkatkan, masih banyak pekerjaan rumah yang harus kita selesaikan dalam rangka memenuhi harapan masyarakat,” ungkap Gubernur.

Persoalan itu diantaranya, berkaitan dengan inflasi, kemiskinan ekstrim, pencegahan dan penurunan stunting, serta permasalahan sosial seperti adanya ancaman krisis energi dan krisis keuangan global, semuanya harus menjadi perhatian serius kita bersama.

Gubernur menambahkan, olehnya itu tugas kita semua sebagai pemangku amanah pembangunan Sulawesi Tenggara bersama seluruh masyarakat untuk terus bersinergi, bekerja keras, dan berpikir cerdas dalam pengelola dan mengembangkan potensi sumber daya manusia dan sumber daya alam.

Hal itu dilakukan guna mendorong peningkatan investasi dengan tetap mengedepankan nilai-nilai kearifan lokal dan prinsip pembangunan berkelanjutan serta merawat sikap konsisten dalam mencapai target dalam sebuah pembangunan.

Menghadapi menyelenggarakan hajatan nasional yakni pesta demokrasi Pemilu tahun 2024, gubernur menghimbau agar seluruh masyarakat bersama menjaga stabilitas politik dan keamanan demi suksesnya Pemilu tahun 2024 untuk keberlanjutan pembangunan bangsa dan negara kita tercinta di masa-masa yang akan datang.

Melalui momentum hari ulang tahun ke-59 Provinsi Sulawesi Tenggara, orang nomor satu di Sultra itu menyampaikan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada pemerintah pusat, legislatif, Forkopimda, jajaran pemerintah provinsi dan kabupaten/kota, TNI dan Polri, perguruan tinggi dan akademisi, swasta, media dan semua pihak yang telah berpartisipasi dan berkontribusi dalam pembangunan daerah provinsi Sulawesi Tenggara.

“Semoga segala bentuk sumbangsih kita untuk daerah Sulawesi Tenggara menjadi catatan amal kebaikan yang insya Allah mendapatkan ridho dan pahala dari Tuhan yang maha kuasa,” tutup gubernur dalam amanatnya.

Acara kemudian dilanjutkan dengan penganugerahan tanda kehormatan Satya Lencana kepada 5 PNS terpilih yang telah mengabdikan diri dengan sebaik-baiknya untuk pembangunan daerah.

Dalam acara HUT Sultra juga ditampilkan atraksi terjun payung dan demo atraksi pesawat oleh TNI AU.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *