Unik, Upacara Hardiknas di SMAN 1 Tikep Siswa Mengenakan Pakaian Adat

Beberapa Siswa Tengah Mengenakan Pakaian Adat

LAWORO, SULTRAMEDIA.ID,. —

Peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) di SMAN 1 Tikep, Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) pada Selasa, 02  Mei 2023, di halaman sekolah setempat tampak unik.

Biasanya siswa, guru, dan tenaga kependidikan mengikuti upacara mengenakan pakaian sekolah dan kerja, namun berbeda dengan Hardiknas 2023 ini, peserta yang menyayikan lagu indonesia raya mengunakan pakaian adat berbagai budaya dan suku yang ada di mubar.

Berbagai jenis pakaian adat dari sejumlah daerah di Tanah Air, menghiasi lapangan sekolah pada pagi itu. Hanya sejumlah siswa pengibar bendera yang mengenakan seragam Paskibraka.

Upacara Hardiknas Di lapangan SMAN 1 Tikep

Kepala SMAN 1 Tikep Gasir, S. Pd mengatakan Mengenakan pakaian adat pada Hardiknas ini sebagai bentuk menunjukkan keberagaman di Indonesia,” ujar kepala SMAN 1 Tikep, Gasir, S. Pd

“Meski kami memakai pakaian adat yang berbeda-beda, namun kami menginginkan tujuan yang sama, yakni mencerdaskan anak bangsa. Strata inilah yang ingin kami samakan,” ungkap Kepala sekolah SMAN 1 Tikep Gasir, S. Pd Selasa, (02/05/2023).

Kepala sekolah SMAN 1 Tikep Gasir, S. Pd mengatakan,  Hardiknas harus dijadikan momentum dalam mengintropeksi diri, sekaligus lebih bangkit dan maju untuk memajukan pendidikan, meski melewati berbagai tantangan”,ucapnya.

“Kita harus mampu menghadapi tantangan, lebih berani dari rasa ragu dan tidak takut mencoba. Seperti Hardiknas ini, kita berani mengenakan pakaian adat, keluar kebiasaan. Ini bagian dari menghadapi tantangan,” kata kepala sekolah SMAN 1 Tikep Gasir.

Upacara Hardiknas ini  ditutup dengan puisi yang di bawakan oleh salah satu siswa.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *