Penguatan Peran BKIPM – KKP, 2 Ton Ikan Sehat Bermutu Dibagikan Ke Masyarakat Bungi Baubau

BKIPM – KKP bagikan 2 ton ikan segar ke masyarakat Kecamatan Bungi Kota Baubau.

BAUBAU, SULTRAMEDIA.ID,.–

Rayakan bulan mutu karantina 2023, Stasiun Karantina Ikan, Pengendalian Mutu dan Keamanan Hasil Perikanan Kota Baubau bagikan 2 Ton ikan sehat Bermutu ke Kecamatan Bungi Kota Baubau, Rabu (10/5/23).

Kegiatan tersebut mengusung tema “Peran BKIPM dalam penjaminan Ikan Sehat Bermutu dan Bebas Mikroplastik”. Walikota Baubau La Ode Ahmad Monianse hadir secara langsung didampingi Kepala BKIPM – KKP RI Dr. Ir Pamudji Lestari M.Sc bersama Camat Bungi Hasrun dan Kapolsek Bungi IPTU Bustan serta Dekan Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Unidayan Budiyanti.

Kepala BKIPM – KKP RI Pamudji Lestari mengatakan, dalam kesempatan itu pihaknya melaksanakan pembagian ikan sehat bermutu yang dapat dikonsumsi masyarakat Kecamatan Bungi.

Selain itu, juga memberikan sedikit sosialisasi terkait konsumsi ikan yang baik dan benar dengan ciri-ciri Ikan sehat yang layak konsumsi.

“Makan ikan itu dapat menjaga tubuh tetap sehat dan banyak sekali manfaat dari mengkonsumsi ikan dan produk hasil perikanan lainnya,” ujarnya.

Ia juga menekankan, pentingnya pengawasan produk perikanan sejak awal. Baik air, pakan, hingga kualitas daging sebelum sampai ke konsumen.

“Pengetesan mikroplastik bukan hanya cegahnya saja tapi juga dagingnya dilakukan pengujian, kalau di situ sudah ada kandungan mercury, ada kandungan mikroplastik, penangkapan di wilayah itu harus dilarang dan dihentikan untuk menjaga kesehatan manusia yang mengkonsumsi nya,” bebernya.

Dalam kesempatan itu, dia juga memaparkan berbagai potensi produk perikanan di masa depan di tengah kebutuhan protein yang terus meningkat. Ada komoditi yang ke depan akan digenjot untuk menyambut hal itu.

“Kita ingin ada komoditi yang sangat kuat di internasional yaitu udang, lobster serta kepiting dimana budidayanya supaya lebih bagus. Dan yang terakhir adalah rumput laut yang mudah-mudahan kita juga segera lakukan hilirisasi di situ,” jelasnya.

BKIPM – KKP beri sosialisasi terkait ikan segar.

Sementara itu Kepala SKIPM Baubau Yuni Irawati Wijaya Menambahkan, Melalui sinergitas yang baik dengan pemerintah daerah acara dapat berlangsung dengan tertib, aman dan lancar sesuai harapan.

Ia juga mengatakan untuk kegiatan bulan mutu ini telah 2 kali dilaksanakan dan kedepannya akan menjadi agenda rutin khusus SKIPM Baubau.

Dengan adanya pembagian ikan 2 ton yang dikemas dalam 1000 paket dan setiap paketnya berisi ikan segar beku 2kg kami akan salurkan ke Lingkungan Kelurahan Liabuku,Waliabuku, Karing-karing dan Kampeonaho ini akan lebih terstimulasi untuk makan ikan.

“Semoga bermanfaat dan masyarakat diharapkan dapat lebih meningkatkan konsumsi ikan karena kaya akan nutrisi,” katanya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *