Kebakaran Hanguskan Dua Rumah di Desa Lantohe Muna, Warga Kesulitan Memadamkan Api

Dua unit rumah rata dengan tanah.

RAHA, SULTRAMEDIA.ID,.—

Kebakaran hebat terjadi di Dusun Tembeua Desa Lantohe Kecamatan Tongkuno Kabupaten Muna, Kamis sekitar pukul 13.20 Wita (18/5/2023).

Dua (2) unit rumah berbahan papan ludes rata dengan tanah dan satu (1) unit rumah batu yang berdekatan ikut kena imbas.

Diketahui, pemilik 2 rumah yang hangus dilahap sijago merah yakni La Ane Paskalis (69) pekerjaan sebagai petani dan Samson La Adi (25) juga seorang petani. Saat kejadian mereka tak berada dilokasi.

Saksi mata kejadian, La Alut menyebut, kebakaran terjadi dengan cepat dan sulit teratasi. Apalagi masyarakat setempat hanya bermodalkan ember untuk mematikan api.

“2 rumah hangus karena berbahan papan. Satu rumah disampingnya terbakar sebagian. Kondisinya rata dengan tanah tak bisa kita matikan,” ucapnya.

Saksi mata lainnya, La Jura menerangkan, kobaran api meludeskan beberapa bangunan rumah meski warga telah berupaya untuk mematikan api dengan kondisi yang tidak memungkinkan.

“Warga saat melihat api langsung cepat-cepat membantu mematikan. Karena hanya pake ember jadi susah karena api begitu besar dan bahan bangunan mudah terbakar,” ungkapnya.

Kondisi rumah ludes dilahap sijago merah.

Sementara itu, Kapolres Muna AKBP Mulkaifin melalui Kapolsek Tongkuno AKP Bisma Nova menyampaikan, setelah menerima informasi laporan masyarakat, pihaknya langsung ke TKP.

“Saat kejadian tak ada yang punya rumah. Cepat hangus terbakar karena berbahan papan dan karena pertolongan mengandalkan ember untuk mematikan api,” sebutnya.

Insiden yang menghanguskan beberapa rumah tersebut, kata Nova, belum diketahui apa penyebabnya hingga saat ini. Atas kejadian itu, ia berharap agar masyarakat lebih berhati-hati saat meninggalkan rumah.

“Anggota kami sudah dilokasi untuk memberikan bantuan terutama bersama masyarakat ikut memadamkan api sekaligus mengamankan TKP. Kami menghimbau agar masyarakat lebih waspada dan berhati-hati lagi terutama saat meninggalkan rumah,” kata Mantan Kasat ResNarkoba Polres Muna itu.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *