KUPP Molawe Konawe Utara Naik Status, Capt Sorinda Sebut Tanda Majunya Sektor Pelabuhan di Sultra

Foto saat rapat bersama.

KONAWE UTARA, SULTRAMEDIA —

Kantor Unit Penyelenggara Pelabuhan (KUPP) Molawe telah mencapai sebuah prestasi gemilang dengan naiknya statusnya menjadi kelas 1.

Perubahan ini berdasarkan pada peningkatan jumlah Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) yang berhasil diraih oleh KUPP Molawe, Kamis (8/6/2023).

Pelaksana harian (Plh) KUPP Kelas I Molawe, Capt. Sorinda menjelaskan, naiknya status tersebut merupakan hasil dari upaya meningkatkan frekuensi pengapalan yang dilakukan oleh pihak pelabuhan.

Kata Capt. Sorinda, berbagai faktor seperti muatan, berlalu lintas, jasa kepelabuhanan, jasa perkapalan, jasa navigasi, jasa konsesi, dan jasa usaha lainnya menjadi penentu dalam peningkatan PNBP yang signifikan.

“Sebagai respons terhadap perubahan status ini, KUPP Molawe telah melakukan perubahan administrasi dan memperkuat kesiapan dalam memberikan pelayanan yang lebih baik kepada para pengguna jasa. Upaya ini termasuk optimalisasi sumber daya manusia yang sudah ada guna meningkatkan kualitas pelayanan yang diberikan,” jelasnya.

“Dalam rangka mempermudah tugas para petugas di pelabuhan, KUPP Molawe juga memanfaatkan aplikasi bernama “inafornet”. Aplikasi ini dirancang untuk meningkatkan efisiensi kerja petugas dalam menjalankan tugas sehari-hari. Selain itu, KUPP Molawe juga bekerja sama dengan pihak terkait dan pengguna jasa untuk memastikan pelayanan pelayaran tetap optimal,” sambungnya.

Dijelaskannya lagi, capaian tersebut merupakan prestasi yang membawa bagi wilayah kerja Lameruru, Morombo, dan Morosi. Perubahan ini tidak hanya mencerminkan keberhasilan pengelolaan pelabuhan, tetapi juga menjadi bukti kemajuan sektor perhubungan di Sulawesi Tenggara.

“Dengan meningkatnya status KUPP Molawe, diharapkan akan memberikan dampak positif bagi pertumbuhan ekonomi daerah dan memberikan keuntungan bagi masyarakat serta para pihak yang terlibat dalam industri perkapalan dan perdagangan di wilayah tersebut,” jelasnya kagi

Capt. Sorinda memastikan bahwa pihaknya siap melayani dengan standar kelas I yang lebih tinggi. Dia berharap kepada para pengguna jasa dapat merasakan manfaat dari peningkatan pelayanan.

Dia juga mengajak pemerintah dan masyarakat untuk tetap mendukung keberlanjutan dan kesuksesan pelabuhan Molawe sebagai salah satu gerbang penting bagi perdagangan dan perekonomian wilayah Sulawesi Tenggara.

“Dengan status kelas 1 yang baru diperolehnya, KUPP Molawe telah menegaskan komitmennya untuk memberikan pelayanan yang terbaik bagi kemajuan dan perkembangan sektor perhubungan di Sulawesi Tenggara,” tutupnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *