Pemda Mubar Salurkan 2.400 Paket Sembako Guna Stabilisasi Harga

PJ Bupati Mubar Laode Butolo saat menyerahkan paket sembako, Senin (3/6).

Muna Barat, Sultramedia – Pemerintah Daerah Kabupaten Muna Barat (Pemda Mubar) salurkan 2.400 paket sembako kepada masyarakat yang tersebar di tiga wilayah besar yakni Kusambi Raya, Lawa Raya dan Tiworo Raya, Senin (3/6/24).

PJ Bupati Mubar Laode Butolo menerangkan, penyaluran paket sembako dalam rangka stabilisasi harga pangan. Apalagi, saat ini Mubar diperhadapkan dengan inflasi, ketidak stabilan harga bahan pokok yang cenderung fluktuatif dan terus mengalami kenaikan harga terutama dalam beberapa pekan terakhir.

Kenaikan harga ini dipengaruhi oleh beberapa faktor yaitu geo politik dunia dan penurunan luas panen akibat cuaca yang sulit diprediksi.

“Gerakan pasar murah bersubsidi ini sesuai dengan arahan presiden RI, agar selalu memantau pergerakan inflasi di daerah,” ujarnya.

Ia juga menyebut, gerakan ini merupakan amanat Undang-Undang Nomor 18 tahun 2012 tentang pangan bahwa pemerintah berkewajiban melakukan stabilitasi pasokan dan harga pangan.

“Untuk itu, Pemda Muna Barat melakukan beberapa langkah yaitu operasi sidak pasar, fasilitasi pembentukan rumah pangan (RPK), dan melakukan gerakan pangan murah,” jelasnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Ketahanan Pangan Mubar, La Ode Aka mengatakan dalam gerakan pangan murah ini menyasar masyarakat dalam kategori miskin, miskin ekstrem, dan beresiko stunting yang telah didata oleh pemerintah desa.

Gerakan pangan murah tersebut dari harga normal disubsidi oleh Pemda sebanyak 23 persen sehingga harga per paketnya senilai Rp 139.500, di dalam satu paket terdapat beras premium per 10 kilogram, minyak gorengbimoli satu liter, dan gula pasir satu kilogram.

“Gerakan pangan murah bersubsidi ini terbagi dari 636 paket untuk Lawa Raya, 760 paket untuk Kusambi Raya, dan 1.004 paket untuk Tiworo Raya,” katanya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *