BNNK Muna Gelar Workshop, Tingkatkan Kapasitas Penggiat P4GN Menuju Daerah Tanggap Dan Bersih Narkoba

Kegiatan workshop oleh BNNK Muna.

RAHA— Badan Narkotika Nasional Kabupaten Muna (BNNK Muna) gelar workshop penggiat P4GN di instansi pemerintah, di Ness In Raha, Senin (31/7/2023).

Kegiatan itu mengangkat tema “Peningkatan Kapasitas Penggiat P4GN Menuju Daerah Tanggap dan Bersih Narkoba”.

Kepala BNNK Muna, Muhammad Ridwan Zein menggungkapkan, peredaran narkotika di era globalisasi menjadi tantangan sekaligus gangguan bagi semua negara di dunia karena sifatnya sangat merusak masyarakat, bangsa dan negara.

“Kita harus lebih giat lagi memerangi narkoba melihat jumlah warga binaan Rutan kelas IIB Raha. Sebanyak 334 orang warga binaan yang ada terdapat 81 orang diantaranya merupakan kasus narkoba,” ujarnya.

Untuk itu, kata Ridwan, pihaknya mengundang calon penggiat P4GN dalam kegiatan workshop di instansi Pemkab Muna dan Muna Barat.

Kegiatan itu dilakukan dengan berdiskusi dan berbagi informasi P4GN. Selain itu, menyatukan pendapat bersama tentang upaya-upaya pencegahan penyalahgunaan narkoba yang dapat dilakukan di lingkungan kerja masing-masing.

Ridwan menabahkan, Kegiatan ini juga dilaksanakan sebagaimana instruksi Presiden nomor 2 tahun 2020 tentang pelaksanaan rencana aksi Nasional P4GN tahun 2020–2024. Dimana diwajibkan kepada instansi pemerintahan dengan mengikut sertakan peran masyarakat dan pelaku usaha untuk melakukan pencegahan penyalahgunaan narkoba melalui kebijakan, strategi serta program kegiatan.

Ia menyebut, upaya-upaya pencegahan penyalahgunaan narkoba yang dapat di lakukan instalasi pemerintahan antara lain:

1.membuat komitmen P4GN;

2.melakukan sosialisasi bahaya penyalahgunaan narkoba;

3.melakukan kampanye WARR ON DRUGS melalui berbagai platform online;

4.melakukan tes urine;

5.membentuk relawan dan penggiat anti narkoba;

6.membuat regulasi;

7. mendukung terlaksananya program desa/keluhan bersih narkoba (BERSINAR);

8. Mendukung terlaksananya program ketahanan keluarga anti narkoba dan remaja teman sebaya anti narkoba yang di laksanakan pada kelurahan bersih narkoba (BERSINAR).

“Kita berharap kegiatan ini dapat menjadi rujukan dalam melakukan kebijakan P4GN di lingkungan kerja masing-masing menuju Kabupaten Muna dan Muna Barat bersih dari narkoba,” pungkasnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *