Netralitas ASN Jelang Pemilu 2024, Polda Sultra Gelar Sosialisasi Online

Sosialisasi netralitas ASN lingkup Polda Sultra.

Kendari, Sultramedia – Polda Sulawesi Tenggara (Sultra) gelar sosialisasi tentang netralitas Aparatur Sipil Negara (ASN) jelang Pemilihan Umum (Pemilu) Tahun 2024. Kegiatan ini dilaksanakan secara daring (online) melalui platform zoom meeting, di Aula Dachara Polda Sultra, Jum’at (15/12/2023).

Kegiatan tersebut diselenggarakan oleh Bagrimdik Ro SDM Polri kolaborasi dengan Deputi Bidang Pengawasan dan Pengendalian Badan Kepegawaian Negara (BKN).

Ketua Korpri Polda Sultra, Pembina Subhan menyebut, netralitas ASN menjadi fokus utama dalam sosialisasi. Mengingat pentingnya peran ASN sebagai pilar integritas, profesionalisme, dan netralitas dalam penyelenggaraan negara.

“Netralitas ASN sesuai amanat Undang-Undang ASN mencakup integritas, profesionalisme, netralitas, serta kebebasan dari intervensi politik, ” ujarnya.

Lanjutnya, ASN diharapkan mampu menyelenggarakan pelayanan publik tanpa diskriminasi, bersih dari praktik KKN, dan menjalankan peran sebagai perekat persatuan dan kesatuan bangsa berdasarkan Pancasila dan UU Negara RI Tahun 1945.

ASN Polda Sultra.

Dalam pemaparan, BKN menggarisbawahi potensi ASN untuk terlibat dalam tim kampanye atau tim penyusun program. BKN juga menyoroti faktor-faktor yang dapat mengurangi netralitas ASN, termasuk mentalitas birokrasi yang kurang semangat, adanya hubungan kekerabatan atau kesukuan, tukar guling kepentingan, intimidasi, sanksi penegakan hukum yang belum optimal, dan politisasi birokrasi oleh peserta pemilu.

“Dengan adanya sosialisasi ini, diharapkan ASN di Polda Sultra dapat lebih memahami dan menginternalisasi prinsip netralitas. Sehingga dapat berperan optimal dalam mendukung kelancaran dan keberhasilan Pemilu Tahun 2024. Kegiatan ini juga diharapkan menjadi langkah awal untuk menciptakan lingkungan birokrasi yang bersih, profesional, dan berintegritas di Polda Sultra,” katanya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *