Tingkatkan Produktivitas UMKM, Rumah BUMN PLN Muna Kolaborasi Gelar Pelatihan Koperasi

Rumah BUMN PLN Muna gelar pelatihan bersama Dinas Koperasi dan UMKM.

MUNA— Rumah BUMN PLN bersama Dinas Koperasi UMKM Kabupaten Muna gelar pelatihan, di Rumah BUMN, Rabu (30/8/2023).

Kegiatan kolaborasi tersebut diikuti oleh para pelaku UMKM. Tujuan pelatihan memberi pemahaman akan manfaat koperasi bagi pelaku usaha. Selain itu, mendorong peningkatan produktivitas UMKM yang ada di Muna.

Koordinator Rumah BUMN PLN Muna, Sitti Muzdalifah berharap agar UMKM bisa berkembang, mengalami peningkatan penjualan dan terus bersemangat dalam mengembangkan usaha.

“Kami berharap Pemda dan Rumah BUMN PLN Muna bisa berkolaborasi dengan mendorong dan memajukan pelaku usaha UMKM,” ujarnya disela-sela kegiatan.

Sementara itu, Kabid Dinas Koperasi Bidang UMKM, Agawati mengungkapkan, kegiatan ini sebagai bentuk dukungan pemerintah mendorong tumbuh dan berkembangnya UMKM di Kabupaten Muna.

Agawati mengajak para pelaku UMKM dapat berkoperasi karena merupakan solusi bisa mendapatkan bantuan dan tambahan dana yang lebih mudah.

Saat ini, pelaku UMKM di Muna berjumlah sekitar 17 ribu dengan koperasi yang ada hanya 340. Olehnya itu, pihaknya mendorong agar para pelaku UMKM dapat berkoperasi sehingga lebih memudahkan dalam pengembangan bisnis.

“Mari saling mendukung agar masyarakat kota dan desa bisa membuka koperasi. Dengan berkoperasi permodalan lebih mudah,” ungkapnya.

Ditempat yang sama, Kepala desa Lanobake, Agustan Kaeda berharap, pemda dapat membantu memberikan pelatihan kepada masyarakat desa agar bisa lebih produktif dalam pengembangan usaha.

“Saya sebagai pemerintah di desa sangat berharap rakyat kecil bisa memenuhi kebutuhannya dengan membuat produk dan berpenghasilan walaupun dari desa,” kata Agustan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *