Bangkitkan Sektor UMKM, Rumah BUMN PLN Muna Gelar Pelatihan Peningkatan Penjualan

Pelatihan UMKM di Rumah BUMN PLN Muna.

MUNA— Rumah BUMN PLN Muna gelar pelatihan peningkatan penjualan bagi para pelaku Usaha Kecil, Mikro dan Menengah atau UMKM di era digital, Selasa (26/9).

Kegiatan yang dilaksanakan di Rumah BUMN PLN Muna itu mengusung tema “Bangkitkan sektor UMKM dengan teknologi bersama Rumah BUMN”.

Hadir sebagai pemateri Sekretaris Dinas Kominfo Muna, La Ode Firmansyah dan diikuti oleh para pelaku usaha atau UMKM di Kabupaten Muna.

Firmansyah menyebut, di era digitalisasi membawa perubahan transaksi bisnis konvensional menjadi online. Perkembangan teknologi dan informasi telah mempengaruhi berbagai aspek terutama bisnis UMKM.

“Teknologi memainkan peran penting dalam pengelolaan UMKM pada era digital ini,” ujarnya.

Firmansyah menambahkan, inovasi teknologi membuka peluang baru bagi pelaku UMKM untuk mengembangkan bisnis mereka dan mencapai kesuksesan yang lebih besar.

Pemkab Muna dibawah kepemimpinan Rusman Emba dan Bachrun melalui Dinas Kominfo senantiasa selalu mendukung penyebaran informasi dan komunikasi dalam rangka peningkatan sektor usaha UMKM.

“Manfaatkan handphone bukan hanya sebagai untuk Komunikasi tetapi gunakan aplikasi yang tersedia seperti marketplace rumah BUMN dan aplikasi jualan lainnya sebagai perluasan pemasaran produk yang dimiliki,” jelasnya.

Sementara itu, Agus pelaku UMKM dari Desa Liangkobori menginginkan ada website khusus untuk media promosi usaha agar pelaku UMKM bisa lebih semangat untuk memproduksi kerajinannya.

“Semoga ada dari pemerintah yang membuatkan website atau aplikasi khusus yang bisa menjadikan usaha kami lebih dikenal luas,” harapnya.

Koordinator Rumah BUMN PLN Muna, Sitti Musdalifah menyampaikan, pihaknya akan selalu berusaha memberikan pelatihan yang di butuhkan untuk UMKM. Sehingga UMKM bangkit dan bisa naik kelas menuju UMKM Go modern, GO online, Go digital dan Go global.

“Kami dari rumah bumn akan menggenjot para pelaku UMKM agar bisa berkolaborasi baik bersama Pemerintah, BUMN, BUMD, Swasta, Organisasi dan semua stekholder dalam meningkatkan pendapatan usaha bagi pelaku UMKM,” ujarnya.

Musdalifah menghimbau kepada semua pelaku UMKM di Muna agar memiliki Brand bagi produknya dan kelengkapan administrasi lainnya seperti NPWP, NIB, PIRT, HALAL dan HAKI.

“Harus miliki brand agar produknya bisa di pasarkan ke seluruh nusantara dan bisa bersaing dengan produk UMKM dari daerah lain,” katanya.

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *