Ruksamin Sukseskan Bulan PRBN, Mendagri Sebut Konut Penempatan Anggaran Terbaik Di Indonesia

Foto bersama.

Wanggudu— Bupati Konawe Utara (Konut) Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra), H. Ruksamin dapatkan kepercayaan sukseskan bulan Pengurangan Resiko Bencana Nasional (PRBN) yang di pusatkan di Sultra, mulai tanggal 10-15 Oktober 2023.

Setelah sukses melaksanakan kegiatannya, Ruksamin secara pribadi mengucapkan terimakasih kepada BNPB yang telah memberikan amanah kepadanya secara khusus.

“Atas nama Pemerintah Daerah Kabupaten Konut kamu ucapkan terimakasih banyak,” ujar Ruksamin, Sabtu (14/10/2023).

Saat mengikuti malam ramah tamah yang di laksanakan di Desa Labengki Kecamatan Lasolo Kepulauan, Bupati Konut, Ruksamin menjamu dan menfasilitasi para tamu dan peserta kegiatan Bulan PRBN. Termaksud yang berkunjung di wilayahnya dalam rangka My Trip di wisata segi tiga berlian Labengki.

Ruksamin juga mendapat kesempatan untuk membawakan materi kuliah umum di depan para tamu dan peserta kegiatan bulan PRBN.

Ruksamin mengkalim, jika kesempatan yang di berikan untuk mensukseskan bulan PRBN tersebut itu bukan karena pihaknya hebat tetapi karena tanggung jawab yang diberikan kepadanya.

“BNPB juga telah banyak memberikan kontribusi kepada Konut, mulai bantuan penanggulangan bencana hingga bantuan infrastruktur hunian tetap (Huntap) pembangunan jembatan dan jalan,” ungkapnya.

Ruksamin menambahkan, soal bencana adalah urusan kemanusiaan yang tidak ada sekat, tidak boleh memandang bulu antara satu masyarakat dengan masyarakat yang lain antar kelompok masyarakat agama, suku dan sebagainya.

“Semua karena tanggung jawab kita. Alhamdulillah hari ini masih menepatkan Konut sebagai daerah dengan pelaksanaan penaggulangan bencana masih menjadi yang terbaik di Republik Ini,” jelasnya.

Selain itu, Bupati Konawe Utara dua periode itu juga, mengucapkan terimakasih kepada BNPB. Dimana pada tahun 2023 ini Konut diberikan anggaran sebesar 53 miliar untuk pembangunan jembatan dan infrastruktur jalan. Dimana beberapa di antaranya telah di rampungkan dan sebagian masih dalam proses penyelesaian.

Pada kesempatan itu, dirinya juga menyebutkan jika pembangunan Huntap rumah warga yang terdampak akibat banjir bandang 2019 lalu itu, kini mencapai 70 persen. Pihaknya menargetkan akan di rampungkan pada bulan November 2023 mendatang.

Olehnya itu dirinya meminta kesedian Direktur BNPB pusat agar menggunakan waktunya untuk meresmikan langsung huntap tersebut.

Dikesempatan yang berbeda Mendagri, Tito Karnavian juga mengumumkan secara resmi bahwa untuk penanganan bencana khususnya penempatan anggaran yang terbaik di Indonesia adalah Kabupaten Konawe Utara dengan 106 miliar anggaran yang ditempatkan untuk penaggulangan bencana dan padang pariaman 31 miliar.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *