Rapat Kerja APSI Sultra, Ruksamin Paparkan Peran Pemangku Kepentingan Pendidikan

Rapat Kerja APSI Sultra.

Kendari— Bupati Kabupaten Konawe Utara (Konut), Ruksamin hadiri pelaksanaan Rapat Kerja Asosiasi Pengawas Sekolah Indonesia (APSI) Sulawesi Tenggara (Sultra), di Hotel Plaza Qubra Kendari, Sabtu (21/10/2023).

Kegiatan yang dirangkai dengan Seminar Pendidikan tersebut, Ruksamin hadir sebagai narasumber dengan materi “Peran Pemangku Kepentingan Pendidikan dalam Implementasi Program Merdeka Belajar.”

Ruksamin menyebut, mendapat kepercayaan sebagai pemateri dalam Seminar Pendidikan merupakan sebuah kebanggaan dan kehormatan tersendiri.

“Sebagaimana kita ketahui bersama, Asosiasi Pengawas Sekolah Indonesia (APSI) merupakan organisasi profesi bagi pengawas-pengawas sekolah. Tugas seorang pengawas adalah melaksanakan supervisi akademik dan supervisi manajerial serta menjadi mitra dari Dinas Pendidikan dalam meningkatkan mutu pendidikan,” ujarnya.

Koordinator Presidium MW KAHMI Sultra itu juga menyampaikan, Pengawas sekolah di abad ke-21 harus memiliki kemampuan 4C, meliputi communication competence (kemampuan komunikasi), critical thinking (berpikir kritis), creativity (kreativitas), dan collaboration (kemampuan berkolaborasi dan bekerja sama).

“Kita tidak bisa meminta PTK (Pendidik dan Tenaga Kependidikan) untuk memiliki kemampuan 4C jika pengawas belum mampu menguasai 4C. Begitu juga, jangan berharap peserta didik memiliki 4C jika PTK-nya belum menguasai 4C,” terang Ruksamin.

Ketua IKA UMI Sultra itu menambahkan, Rakor APSI merupakan kegiatan yang luar biasa, karena APSI merupakan salah satu organisasi profesi yang bertugas untuk meningkatkan mutu pendidikan. APSI menjadi salah satu mitra Dinas Pendidikan untuk meningkatkan mutu guru dan tenaga kependidikan.

“Saya berharap dan menaruh harapan bahwa APSI Sultra ke depan akan lebih dinamis dan akan lebih banyak berkiprah untuk bersama-sama memajukan pendidikan di Sultra,” tutup Bupati Konut dua periode itu.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *