Koordinator Rumah BUMN PLN Muna Minta Perempuan Tumbuhkan Jiwa Kewirausahaan

Koordinator Rumah BUMN PLN Muna, Musdalifah saat memberi materi di Sosialisasi Peningkatan Pendapatan bagi Perempuan, di Kantor Kelurahan Raha III, Sabtu (11/11). dok: afrizal/sultramedia.id

MUNA – Rumah BUMN PLN Muna berkolaborasi dengan Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP3A) serta Dinas Koperasi, menggelar Sosialisasi Peningkatan Pendapatan bagi Perempuan, di Kantor Kelurahan Raha III, Sabtu (11/11/2023).

Giat tersebut dihadiri oleh Kepala DP3A Muna, Koordinator Rumah BUMN PLN, Kepala Bidang UMKM Dinas Koperasi, serta Lurah Raha III.

Koordinator Rumah BUMN PLN Muna, Musdalifah yang juga pemateri mengimbau kepada masyarakat yang hadir agar dapat memiliki usaha sendiri, agar produk Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) bisa terjual.

“Salah satunya dengan memanfaatkan aplikasi mobile PLN,” imbaunya.

Musdalifah juga meminta masyarakat yang telah memiliki usaha sendiri agar segera membuat Nomor Izin Berusaha (NIB).

“Dalam memiliki usaha, NIB itu sangat penting karena selalu ada bantuan permodalan dari dinas yang berhubungan langsung dengan UMKM,” sebutnya.

Muzdalifah juga berharap kepada seluruh pelaku UMKM khususnya para perempuan agar bisa menumbuhkan jiwa kewirausahaan agar lebih produktif.

Sementara itu, Kepala DP3A Muna, Ali Sadikin memaparkan bahwa tujuan dilaksanakannya sosialisasi tersebut agar perempuan dapat membangun usaha serta memberikan pemasukan ekonomi bagi keluarga sendiri.

“Perempuan itu juga harus bersaing dan lebih kreatif dari segi ekonominya, dan ini merupakan tujuan kami agar perempuan juga lebih produktif dengan ikut membantu memberikan pendapatan bagi keluarganya,” papar Ali Sadikin.

Foto bersama usai pelaksanaan sosialisasi

Di tempat yang sama, Kepala Bidang UMKM Dinas Koperasi Muna, Agawati juga mengajak para pelaku usaha untuk melegalkan usahanya.

Salah satunya yaitu mendatangi langsung Dinas Koperasi dengan membawa beberapa persyaratan

“Yang mau mengurus syaratnya hanya KTP, KK, dan HP Android, di sana bisa diisi sendiri blangko kalau bisa datang sendiri dan jangan diwakili agar bisa menentukan jenis usahaannya,” kata Agawati.

Masih di momen yang sama, Lurah Raha III La Ode Hadasi mengungkapkan, dirinya sangat senang dengan adanya kegiatan sosialisasi yang dilaksanakan di wilayah yang dipimpinnya.

Hadasi berharap agar masyarakatnya bisa punya ide baru yang lebih kreatif dalam menciptakan peluang usaha dengan membuat produk sendiri.

“Semoga kita juga termotivasi agar bisa bangkit .Mari kita cari hal-hal yang bisa kita lakukan untuk meningkatkan perekonomian kita bersama,” ujarnya

Penulis: Afrizal

Editor: YA

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *