Rumah BUMN PLN Muna Gelar Pelatihan Dorong Peningkatan Omset Penjualan Produk UMKM

Ketgam. Koordinator Rumah BUMN PLN Muna, Muzdalifah saat foto bersama para pelaku UMKM.

Muna— Rumah BUMN PLN Muna gelar pelatihan bersama pelaku UMKM binaannya, Jumat (24/11/2023). Mengusung tema “Peningkatkan Omset Penjualan Produk Dengan Cara Kolaborasi Antar Pelaku UMKM diharapkan adanya kolaborasi dalam berbisnis.

Selain itu, dapat membantu memperluas jaringan rata-rata pengusaha yang sukses memiliki minat yang tinggi untuk bertemu orang baru dan membangun relasi, baik itu secara personal maupun untuk urusan bisnisnya.

Koordinator Rumah BUMN PLN Muna, Muzdalifah menjelaskan fungsi pentingnya saling berkolaborasi dalam sebuah usaha dengan saling mendukung dan berpikir bisa bangkit bersama.

“Ayo saling suport antara sesama pelaku umkm dengan cara menjadi reseller kepada sesama UMKM binaan rumah BUMN,” ujarnya disela-sela kegiatan.

Muzdalifah berharap, para pelaku UMKM bisa berkolaborasi antara sesama dalam meningkatkan jangkauan pasar dan menambah omset penjualan. Dirinya juga mengajak para pelaku UMKM saling memperkenalkan produknya kepada sesama pelaku UMKM lainnya.

“Kolaborasi dapat mengembangkan majunya sebuah usaha serta menambah omset penjualan,” ucapnya.

Di tempat yang sama, Kades Lanobake, Agustan Kaeda ikut memperkenalkan produknya berupa sabun yang terbuat dari kelapa. Harapannya menciptakan lapangan pekerjaan dan meningkatkan penghasilan masyarakat di desanya.

Sementara itu pelaku UMKM asal desa maligano, Mirawati bersyukur bisa bergabung bersama Rumah BUMN PLN Muna.

Dirinya menuturkan setelah berkolaborasi bersama, usaha penjualan wedang jahenya mengalami peningkatan pendapatan secara signifikan hingga menembus 20 juta perbulan.

“Saya berharap kita bisa bangkit bersama, maju bersama. Supaya kedepannya tidak ada lagi masyarakat yang miskin,” kata Mirawati.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *