Majukan UMKM, Rumah BUMN PLN dan DP3A Muna Gelar Pelatihan

Kolaborasi pelatihan bagi UMKM di Muna.

Muna, Sultramedia – Rumah BUMN PLN kolaborasi bersama Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP3A) Kabupaten Muna gelar pelatihan Kewirausahaan bagi Kelompok binaan Usaha Perempuan, Selasa (5/12/2023).

Puluhan pelaku UMKM tergabung bersama ibu-ibu dari Kelurahan Raha III sangat antusias mengikuti pelatihan

Kabid Kualitas Hidup Perempuan dan Kualitas Keluarga DP3A Muna, Samsidar menyebut, pelatihan kewirausahaan sebagai upaya meningkatkan pengetahuan, dan keterampilan perempuan dalam menjalankan sebuah usaha.

Sehingga, mengajak para kaum perempuan agar bisa memiliki penghasilan sendiri untuk membantu pendapatan bagi keluarga. Dalam berwirausaha usaha, harus memiliki beberapa karakteristik demi kemajuan sebuah usaha.

Selain itu, memiliki Visi dalam kehidupan dan mempunyai tujuan yang jelas serta mencintai usaha yang memberikan penghasilan bagi keluarga.

“Kami berharap program kegiatan pelatihan yang melibatkan perempuan bisa terus berlanjut agar ibu-ibu lebih produktif dan memiliki penghasilan tambahan bagi keluarganya,” ujarnya.

Sementara itu, Koordinator Rumah BUMN PLN Muna, Muzdalifah mengungkapkan, keterbatasan kemampuan perempuan merupakan permasalahan yang sangat krusial yang terjadi dilingkungan masyarakat.

Masalah tuntutan kebutuhan dengan masih rendahnya kemampuan dan kecakapan yang dimiliki para kaum wanita harus diselesaikan melalui UMKM.

Muzdalifah berharap para pelaku UMKM yang bergabung bersama Rumah BUMN bisa mendapatkan solusi terkait kendala yang sering dialami dalam menjalankan sebuah usaha. Dirinya berharap dengan hadirnya DP3A, pihaknya terus mendapatkan dukungan dari pemerintah sehingga memotivasi terus aktif dalam berproduksi.

Kedepan, lewat kegiatan ini mampu menyentuh beberapa stakeholder yang terlibat untuk kemajuan UMKM di Muna.

“Kita di Rumah BUMN PLN Muna saling support dan saling membantu meningkatkan produk sesama pelaku usaha. Harus ada perubahan setelah bergabung di Rumah BUMN, kalau badan sakit Rumah Sakit berobatnya. Tapi Kalau UMKM sakit Rumah BUMN tempat penyembuhannya,” kata Muzdalifah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *