Pengukuhan 123 Enumerator di Kolut, Pj Gubernur Andap Canangkan Data Desa Presisi

Pj Gubernur Sultra, Andap Budhi Revianto.

Kolaka Utara, Sultramedia – Pj Gubernur Sulawesi Tenggara (Sultra) Andap Budhi Revianto canangkan Data Desa/Kelurahan Presisi se-Sultra dan Pengukuhan Enumerator Desa se-Kabupaten Kolaka Utara (Kolut), di Aula Islamic Center Lasusua Kolut, Rabu (10/1).

Andap menyebut, Pemprov Sultra telah membuat Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) tentang Data Presisi. Dokumen itu difasilitasi oleh Kementerian Dalam Negeri, kemudian pada senin 8 Januari 2024 terjadi kesepakatan dengan DPRD Sultra.

“Ini yang menjadi panduan kita didalam bekerja di lapangan,” ujar Andap saat menghadiri secara langsung pencanangan Desa/Kelurahan Presisi di Kolut.

Selain itu, Pj Gubernur Andap juga mengukuhkan 123 petugas lapangan yang membantu tim survei dalam pengumpulan data atau enumerator Desa/Kelurahan se-Kabupaten Kolut.

Penyajian data yang tepat dan akurat mengenai potensi sumber daya di Desa seperti lahan perkebunan dan potensi kandungan mineral di dalamnya dianggap sebagai kunci dalam pengambilan kebijakan yang tepat.

Nantinya, kata Andap, data itu menjadi satu hal yang signifikan di dalam merumuskan sebuah kebijakan.

Andap berharap, program terus berlanjut sehingga ia memohon doa, kritikan dan masukan yang membangun demi Sultra yang lebih baik.

“Pelaksanaan dan teknis akan diatur oleh IPB,” ucapnya.

Sementara itu, Dekan Fakultas Ekologi Manusia IPB, Sofyan Sjaf menerangkan, Data Desa Presisi merupakan hasil pengembangan big data dan teknologi. Nantinya, akan memberikan data tentang kemiskinan, stunting, jumlah penduduk, dan informasi penting lainnya.

“Ini langkah konkret pemerintah wujudkan data desa yang berhasil bagi pembangunan di Desa,” kata Sofyan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *