Wujudkan Pemilih Cerdas, DPD Aisyiyah Mubar Gelar Lokakarya Pendidikan

Lokakarya pendidikan pemilih.

Laworo, Sultramedia – DPD Aisyiyah Kabupaten Muna Barat (Mubar), Sulawesi Tenggara, gelar lokakarya pendidikan pemilih, di Aula Kantor PU Mubar, Sabtu (26/1/2024).

Ketua Aisyiyah Mubar, Wa Ode Impres Ani menyampaikan, lokakarya pendidikan pemilih digelar untuk Pemilu Inklusif dan substantif.

Kegiatan merupakan bagian dari program Inklusi Pimpinan DPD Aisyiyah bertujuan mewujudkan pemilu yang inklusif dan bermartabat, terlebih sebagai langkah penting dalam memastikan keterlibatan aktif dan kesetaraan seluruh elemen masyarakat dalam proses demokrasi, terutama menjelang Pemilu 2024 mendatang.

Lokakarya diikuti 60 peserta terdiri dari komunitas dan kader Aisyiyah se-Mubar.

“Insya Allah, Aisyiyah mengajak menjadi pemilih yang cerdas. Pentingnya pemilihan yang cerdas, khususnya dalam menciptakan pemilu yang ramah terhadap difabel dan kaum perempuan,” ujarnya.

Kegiatan itu, dirangkaikan dengan pembuatan Rencana Tindak Lanjut dan deklarasi bersama pemilih inklusif yang bermartabat dengan mengajak kepada seluruh masyarakat agar menjadi pemilih yang cerdas.

Pemilu inklusif bertujuan untuk melibatkan seluruh warga negara tanpa memandang ras atau keterbatasan fisik.

“Pentingnya partisipasi semua pihak untuk menghasilkan wakil rakyat yang memperhatikan kebutuhan semua kelompok, termasuk disabilitas, supaya nanti menghasilkan wakil-wakil rakyat yang dapat mengakomodasi atau yang dapat memperhatikan kebutuhan disabilitas atau kebutuhan kita semua,” harapnya.

Sementara itu, Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Mubar, La Tajudin mengapresiasi peran Aisyiyah disegala bidang, terlebih perhatian pentingnya hak akses disabilitas dalam pemilu 2024. Apalagi dengan melihat kader Aisyiyah sangat luar biasa sampai dengan ke luar negeri.

“Semoga kegiatan lokakarya berkelanjutan untuk menyukseskan pemilu yang akan datang,” katanya.

Writer: AmsirEditor: Idev

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *