Bunda PAUD 7 Kabupaten/Kota di Sultra Resmi Dikukuhkan, Berikut Nama-namanya

Pengukuhan Bunda PAUD 7 Kabupaten/Kota di Sultra.

Kendari, Sultramedia – Sekretaris Daerah atau Sekda Asrun Lio bersama Bunda PAUD Sultra, Waode Munanah menghadiri acara Pengukuhan Bunda PAUD 7 Kabupaten/Kota se-Sultra, di Rumah Jabatan Gubernur, Minggu (25/2).

Hadir dalam Pengukuhan tersebut, Direktorat PAUD Kemendikbud diwakili Kepala BPMP Sultra, Kadis Dikbud Sultra, Kadis Dikbud Kota Kendari, Para Kadis Pendidikan Kab/Kota atau yang diwakili. Selain itu juga hadir organisasi wanita yaitu TP PKK, DWP, IGTKI Sultra dan pejabat terkait

Bunda PAUD yang dikukuhkan yakni:

1. Kota Kendari: Ira Wiris Kusumadoty;
2. Kota Baubau: Reffianni Dwiatmo Rasman;
3. Kabupaten Kolaka: Hj. Dety Erlinda Andi Makkawaru;
4. Kabupaten Konawe: Hj. Trinop Tijasari Harmin;
5. Kabupaten Bombana: Aeni Mutmainnah Edy Suharmanto;
6. Kabupaten Muna Barat: Wa Ode Muliati Husein Tali; dan
7. Kabupaten Buton Selatan: Yuniar Budiman.

Bunda PAUD Sultra, Waode Munanah Asrun Lio, mengucapkan selamat kepada Bunda PAUD yang telah dilantik. Selanjutnya, memegang tugas dan menjalankan amanah dengan baik untuk generasi emas Indonesia khususnya Sultra.

“Sekarang sudah ada dipundak kita, sebagai suatu komitmen untuk mewujudkan program-progran Bunda PAUD. Sehingga menciptakan generasi emas kedepannya khususnya Kabupaten/Kota di Sultra,” ujarnya saat memberikan sambutan.

Dia juga menyampaikan, bunda PAUD adalah predikat yang diberikan kepada istri kepala daerah yakni Gubernur, Bupati, Camat, Lurah dan Desa. Sebagai penggerak utama dalam membina layanan pendidikan anak usia dini dalam rangka mendukung terwujudnya penyelenggaraan PAUD yang berkualitas.

“Ada beberapa tambahan lain yang menjadi tugas dan fungsi bunda PAUD. Diantaranya, pertama, menyukseskan penurunan angka stunting di wilayahnya dan kedua menyukseskan transisi PAUD sampai ke SD serta pengenalan lingkungan sekolah atau SMP,” terangnya.

Senada itu, Direktorat PAUD Kemendikbud yang diwakili Kepala Balai Penjaminan Mutu Pendidikan atau BPMP Sultra, Rika Ernita Mekou menyebut Bunda PAUD sejalan dengan tugas dan Fungsi BPMP.

Terutama dalam melakukan atau mengadvokasi Pemda untuk melaksanakan peningkatan pelayanan PAUD yang berkualitas melalui holistik integratif.

“Dengan peran strategis ini kita harapkan, bahwa bisikan-bisikan dari Bunda PAUD bisa melahirkan kebijakan-kebijakan, pada peningkatan kualitas pendidikan PAUD di Sultra,” ungkapnya.

Sementara itu, Sekda Sultra Asrun Lio menyampaikan komitmen Pemrov Sultra terhadap pendIdikan khususnya PAUD.

“Kita sudah menatah pendidikan secara berjenjang, masing-masing kita mulai dari tingkat dasar yaitu PAUD, TK, SD, SMP, SMA. Bagi Kabupaten/Kota yang belum mempunyai guru PAUD yang permanen, bisa diangkat guru PAUD oleh Surat Keputusan Bupati/Walikota,” kata Asrun mewakili PJ Gubernur Sultra Andap Budhi Revianto.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *