Ruksamin Hadiri PTBI Sultra, Sinergi Memperkuat Ketahanan dan Kebangkitan Ekonomi Nasional

Ketgam. Bupati Konawe Utara, Ruksamin saat menghadiri hadiri pertemuan tahunan Bank Indonesia.

Kendari— Bupati Konawe Utara, Ruksamin, hadiri Pertemuan Tahunan Bank Indonesia (PTBI) Perwakilan Sulawesi Tenggara Tahun 2023, bertempat di salah satu hotel di Kota Kendari, Rabu (29/11/2023).

Acara tersebut dibuka secara resmi oleh Presiden Republik Indonesia, Bapak Ir. H. Joko Widodo, secara virtual di Graha Bhasvara Icchana, Kantor Pusat Bank Indonesia, Jakarta Pusat. Pada Pertemuan Tahunan Bank Indonesia tahun ini mengusung tema “Sinergi Memperkuat Ketahanan dan Kebangkitan Ekonomi Nasional”.

Agenda utama pada Pertemuan Tahunan Bank Indonesia kali ini adalah penyampaian pandangan Bank Indonesia mengenai kondisi perekonomian nasional, tantangan yang dihadapi, dan arah kebijakan ke depan, serta penyampaian arahan Presiden Republik Indonesia mengenai kebijakan Pemerintah ke depan.

Ruksamin menyebut, Presiden Jokowi dalam pidato virtual memberikan arahan terkait perekonomian Indonesia. Selain itu, ia juga menyinggung fenomena isu global yang berpotensi memberikan dampak ke semua negara.

“Banyak fenomena dan isu domestik negara yang berdampak ke global,” ujar Ruksamin.

Di tempat yang sama, Gubernur Bank Indonesia, Perry Warjiyo, menyatakan bahwa pertumbuhan ekonomi di 2024 akan mencapai 4,7–5,5 persen. Sedangkan, di tahun 2025, akan lebih meningkat yakni dikisaran 4,8–5,6 persen. Pertumbuhan akan tinggi mencapai 4,7–5,5 persen pada tahun 2024 dan meningkat 4,8–5,6 persen pada 2025, salah satu yang tinggi di dunia.

“Pertumbuhan tersebut ditopang oleh konsumsi dan investasi yang akan meningkat, seiring dengan kenaikan gaji Aparatur Sipil Negara (ASN), Pemilu, Infrastruktur Ibu Kota Nusantara (IKN),” kata Perry.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *