Jelang HUT Bhayangkara, Polda Sultra Asistensi dan Nilai Pos Kamling Desa Banggai Muna

Polda Sultra gelar asistensi dan penilaian Pos Kamling di Desa Banggai Kabupaten Muna, Senin (6/5).

Muna, Sultramedia – Polda Sultra gelar asistensi di Kabupaten Muna, Senin (6/5/24). Kegiatan ini dirangkaikan dengan melakukan penilaian di Pos Kamling Kaghimpi binaan Polsek Katobu di Desa Banggai Kecamatan Duruka, Kabupaten Muna.

Kasubdit Bin Satpam Polda Sultra, AKBP Yusuf Mars menyebut, giat asistensi dirangkaikan dengan penilaian lomba pos kamling. Hal itu dilakukan sebagai rutinitas jelang HUT Bhayangkara.

“Jadi kami dari Polda Sultra melakukan penilaian terkait dengan pos kamling yang ada di kewilayahan,” ujarnya di sela-sela kegiatan.

Ia menerangkan, indikator penilaian mengacu pada kesiapan sarana dan prasarana, penerapan SOP serta kesiapan petugas Sat Kamling dalam menjalankan tugas.

“Saya lihat Posko di Desa Banggai ini cukup representatif,” terangnya.

Mantan Wakapolres Muna ini menerangkan, Desa Banggai dulunya dikenal sebagai wilayah Texas yang rawan kriminal. Namun, berkat inovasi kades yang luar biasa dan sinergi dengan pihak kepolisian sehingga kondusifitas terjaga. Selain fokus menjaga Kamtibmas, disekitar posko juga menghidupkan perekonomian masyarakat.

Dia berharap, posko-posko yang sama dapat terbangun disetiap kelurahan atau desa karena berdampak positif pada situasi kamtibmas.

Ditambahkan melalui IPDA Nur Suhada PS Paur Siwas Jaspam Polda Sultra menyebut, Sat Kamling mengemban tugas-tugas kepolisian terbatas. Seperti pengaturan, penjagaan, patroli dan penangkapan kejahatan tertangkap tangan seperti pencurian atau penganiayaan.

“Sat kamling beda dengan Linmas. Sat Kamling dibawah naungan kepolisian sedangkan linmas dibawah Pemda. Sehingga tugas-tugas Sat Kamling di bina oleh pihak kepolisian,” ucapnya.

Sementara itu, Kades Banggai La Ode Upa menyampaikan ucapan terimakasih banyak atas kunjungan dari Polda Sultra. Banyak arahan yang didapatkan termaksud inovasi kedepannya.

Dia berharap melalui perlombaan ini bisa meraih prestasi dan menjadi juara. Selain itu, kedepannya akan memperbaiki kekurangan dan terus berinovasi guna menjadi lebih baik.

“Alhamdulillah kami banyak mendapatkan arahan mengenai Kamtibmas dan Pos Kamling. Kami juga berharap dapat memenangkan perlombaan ini sehingga dapat menjadi motivasi untuk melahirkan inovasi-inovasi lainnya,” ujarnya.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *