Biro SDM Polda Sultra Gelar Pelatihan dan Peningkatan Kemampuan Bagi Konselor Psikologi

Biro SDM Polda Sultra.

Kendari, Sultramedia – Biro SDM Polda Sultra menggelar pelatihan dan peningkatan kemampuan (Lakatpuan) bagi konselor psikologi pegawai negeri pada polri (PNPP) di Polda Sultra, dibuka langsung oleh Karo SDM Polda Sultra Kombes Pol Danang Beny bertempat di Aula Dharan Lastarya (Dhalas), Kamis (7/3/2024).

Tujuan dari lakatpuan ini, kata Karo SDM, agar konselor menjadi lebih berkualitas dan profesional dalam setiap pelaksanaan giat konseling untuk memberikan pelayanan bagi personel polda sultra hingga polres jajaran.

Saat ini personel polri dengan tugas pokok sebagai pelindung, pengayom, dan pelayan masyarakat sekaligus penegak hukum, sangat rentan mengalami tekanan baik fisik maupun psikologis.

Karena masalah psikologis tersebut tidak sedikit personel yang dinyatakan masih bermasalah hingga melakukan pelanggaran disiplin, penyalahgunaan narkoba, kode etik, maupun pidana umum yang tentu akan berimbas terhadap menurunnya citra polri.

Beberapa penyebabnya antara lain berpisah dengan keluarga dalam jangka waktu lama, perbedaan budaya tempat bekerja serta beban tugas yang berlangsung secara terus menerus.

“Hal tersebut menimbulkan stress bagi personel, untuk itu dibutuhkan manajemen stress bagi masing-masing personel,” ungkap Kombes Beny.

Personel juga membutuhkan dukungan sosial yang diberikan oleh rekan kerja, atau atasan langsung hingga konselor yang mendeteksi secara dini permasalahan personel tersebut.

Karo SDM berharap dengan pelayanan konseling yang maksimal akan membantu dalam meningkatkan kompetensi personel polri menjadi unggul dan produktif sehingga berimplikasi pada berkurangnya jumlah personel bermasalah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *