Jadi Rumah Sakit Rujukan, RSUD Bahteramas Dilengkapi Poli Bedah

Ilustrasi Tumor

SULTRAMEDIA.ID., Kendari – Salah satu isntalasi rawat jalan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Bahteramas adalah Poliklinik Bedah.

 

Direktur RSUD Bahteramas Dr. H. Hasmudin, SP.B mengatakan, Poliklinik atau Poli Bedah ada beberapa subdivisi mulai bedah umum dan kemudian yang spesifik misalnya bedah saluran cernah.

 

“ Jika seandainya ada penyakit yang menjurus penyakit pencernaan mulai dari mulut sampai anus itu ditangani bedah saluran cerna,” ujarnya, Rabu (3/11/2021).

 

Dia mengatakan, bedah saluran cerna sudah spesifik menangani kelainan-kelainan atau kerusakan ataupun gangguan pada saluran cerna.

Selain itu kata Hasmudin, di Poli Bedah ada Subdivisi Onkologi, yaitu dokter ahli bedah tumor.

 

“Jadi semua benjolan mulai dari yang kecil sampai yang besar baik itu jinak maupun ganas ditangani oleh Subdivisi Onkologi.

 

Hasmudin menjelaskan, kalau tumor dibagi dua jinak atau ganas, ganas itu ada kelanjutannya yaitu Kemoterapi, ini di bawah divisi Onkologi.

 

“Tumor dinyatakan ini ganas berdasarkan hasil laboratorium karena kadangkala kita salah, kadangkala kita bilang ini jinak ternyata hasil laboratoriumnya ganas, ya itu yang kita ikuti bukan penampakan klinisnya,” terangnya.

 

Sekedar diketahui, Pengertian Tumor. Tumor jinak tidak akan menyebar atau menyerang bagian tubuh yang lain karena hanya akan tumbuh di satu bagian tubuh saja. Jika dibandingkan dengan tumor jinak, tumor yang bersifat ganas bisa menyerang jaringan di sekitarnya, masuk ke pembuluh darah, dan juga menyebar ke bagian tubuh yang lain.

 

B_Khan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *