Lapak Baca Pak Bhabin Polsek Watopute, Kapolres Muna Apresiasi dan Support

Lapak Baca Pak Bhabin.

SULTRAMEDIA.ID,.RAHA. Jaga Kamtibmas dan tumbuh kembangkan minat baca terhadap anak, Bhabinkamtibmas Polsek Watopute Polres Muna, BRIPKA Karimul Sahid inisiasi “Lapak Baca Pak Bhabin”.

Karimul menyebut, kegiatan tersebut sebagai wadah pembinaan di wilayah hukum (Wilkum) Polsek Watopute terhadap anak-anak dengan cara menumbukan minat baca dan menambah wawasan melalui buku bacaan. Anak-anak disuguhkan dengan buku bacaan bergambar sehingga lebih menarik dan mudah untuk dipahami.

“Buku bacaan saya dapatkan dari salah satu keluarga yang merupakan penggiat Taman Baca di Kota Raha. Agar lebih memudahkan dan menarik minat, anak-anak kita fasilitasi dengan buku bergambar,” ujar Karimul, Selasa (21/2/2023).

Lanjutnya, salah satu tantangan terbesar untuk meningkatkan minat baca terhadap anak adalah penggunaan gadget yang berlebihan tanpa adanya pengawasan dari orang tua.

“Saya mencoba menumbuhkan kembali minat baca anak dengan membuka lapak baca pada sore hari diluar jam sekolah, sambil melihat antusias dan minat membaca buku,” terangnya.

Selain itu, kata Karimul, kegiatan itu juga bertujuan untuk membentuk kedekatan emosional personil Polri terhadap anak. Kemudian, membentuk mental kepribadian anak dengan memberi pesan berupa pesan kamtibmas, seperti menjaga nama baik orang tua, rajin beribadah, tidak saling membuly serta bermanfaat bagi orang banyak.

“Alhamdulillah sejauh ini antusias sangat tinggi dan meminta terus diadakan. Kedepan kita akan lakukan dengan sistem keliling di sekolah-sekolah atau tempat anak-anak berkumpul di sore hari,” tuturnya.

Sementara itu Kapolres Muna, AKBP Mulkaifin menyebut, memberi apresiasi yang positif terhadap personil yang memiliki inisiatif melakukan pendekatan kepada masyarakat. Personil Polri memiliki misi inisiatif dan melahirkan ivonasi.

Selain mendukung Inovasi Lapak Baca, Mulkaifin juga mendorong personilnya menjadi problem solving (pemecah masalah) ditengah-tengah masyarakat dengan menyentuh langsung melalui pendekatan kekeluargaan maupun kearifan lokal sebelum menempuh jalur hukum.

“Kita melihat tempat dari fasilitas rumah baca ini tentu kita akan support. Kalau meminta bantuan buku kita akan siapkan,” kata Mulkaifin saat ditemui usai konferensi pers di Gedung Sat Resnarkoba Polres Muna.

Lapak Baca Pak Bhabin sudah mulai berjalan seperti saat dilaksanakan di depan Mapolsek Watopute pada Senin (20/2/2023) dan pada Selasa (21/2/2023) di Kelurahan Wali Wilkum Polsek Watopute.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *