Kekuatan Capres 2024, Prabowo Dapat Dukungan Partai Terbanyak

Kekuatan Dukungan Capres 2024.
Kekuatan Capres 2024.

Nasional– Dukungan terus mengalir ke calon presiden (Capres) Republik Indonesia. Sejumlah partai mulai menyatakan sikap.

Ada tiga Bacapres yakni:

1. Prabowo Subianto

Parta Gerindra dan PKB mulai menggagas calon ini dengan mengusung Koalisi Kebangkitan Indonesia Raya.

Selain dua partai tersebut, tambahan dukungan datang dari partai di parlemen yakni Partai Golkar dan PAN yang mendeklarasikan diri pada hari minggu (13/8). Kemudian menyusul dukungan dari PBB.

Sehingga terdapat empat parpol parlemen yakni Partai Gerindra, PKB, Partai Golkar dan PAN yang mengusung Prabowo Subianto sebagai bakal capres. Serta dukungan dari satu parpol non parlemen yakni, PBB.

2. Ganjar Pranowo

PDIP mengumumkan Gubenur Jawa Tengah Ganjar Pranowo sebagai capres oleh Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri di Istana Batutulis, Bogor, Jumat (21/4) lalu.

Keputusan PDIP mengusung Ganjar, disambut hangat oleh Partai Persatuan Pembangunan (PPP) yang juga telah resmi memberikan dukungan di kediaman Plt Ketua Umum PPP Mardiono di Sleman, Jogjakarta, pada Rabu (26/4). Selain PPP, Ganjar juga mendapat dukungan dari Partai Hanura yang dipimpin Oesman Sapta Odang (OSO).

Ganjar Pranowo juga turut mendapatkan dukungan secara resmi dari Partai Perindo. Partai besutan Hary Tanoesoedibjo itu resmi mendeklarasikan dukungan kepada Ganjar Pranowo di kantor DPP PDI Perjuangan, pada Jumat (9/6).

Sehingga terdapat dua parpol parlemen yang mendukung Ganjar Pranowo yakni PDI Perjuangan dan PPP. Sementara terdapat dua parpol nonparlemen yakni Partai Hanura dan Partai Perindo.

3. Anies Rasyid Baswedan

Mantan Gubernur DKI Jakarta Anies Rasyid Baswedan resmi didukung Partai NasDem sebagai bakal calon presiden (capres) untuk Pemilu 2024, pada Senin 3 Oktober 2022. Dukungan itu disampaikan langsung Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh di Tower NasDem, Jakarta.

Selain Partai NasDem, Partai Demokrat dan PKS yang sama-sama duduk di parlemen juga telah resmi mendukung Anies Baswedan sebagai bakal capres 2024. Bahkan, ketiga parpol tersebut juga telah menandatangani piagam koalisi sebagai bentuk pertanggungjawaban mendukung Anies Baswedan pada Pemilu 2024.

Selain tiga parpol di parlemen itu yakni Partai NasDem, Partai Demokrat dan PKS. Anies Baswedan juga mendapatkan dukungan dari parpol nonparlemen yakni Partai Ummat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *