Tingkatkan Kualitas Pendidikan Dan Tenaga Pendidik, LPPM UHO Gelar Pelatihan Pengembangan

Kegiatan pelatihan pengembangan terhadap 20 tenaga pendidik di UHO.

Kendari— Lembaga Pengabdian dan Pengembangan Masyarakat (LPPM) Universitas Haluoleo (UHO) gelar program pelatihan pengembangan tenaga kependidikan, di Sanggar SKB Kota Kendari, Selasa-Rabu tanggal 9-10 Oktober 2023.

Kegiatan tersebut bertajuk pelatihan pelayanan dalam rangka meningkatkan kualitas pendidikan dan tenaga kependidikan. Sebanyak 20 orang tenaga kependidikan di Lingkungan UHO hadir sebagai peserta dalam pelatihan tersebut.

Di hari pertama pelatihan, di Ketuai oleh Dr. Andi Tendri Ampa, S.Si, M.Si dan anggota:

1. Dr. Makkulau, S.Si, M.Si;
2. Dr. Gusti Ngurah Andi Wibawa, S.Si, M.Si;
3. Lilis Laome, S.Si, M.Si;
4. Agusrawati, S.Si, M.Si; dan
5. Norma Muhtar, S.Si, M.Si.

Ketua Tim Pengabdian, Dr. Andi Tendri Ampa, S.Si, M.Si menyampaikan, generasi saat ini sangat berbeda dengan yang terdahulu. Misalnya, cara bersikap mahasiswa menjadi problem yang sering dihadapi oleh tenaga pendidik di dunia kampus.

“Teknologi dan media sosial turut mempengaruhi bagaimana anak zaman sekarang bersikap,” ujar Andi Tendri Ampa saat memberikan sambutannya.

Kegiatan pelatihan peningkatan kompetensi.

Andi Tenri Ampa menyebut, pelayanan yang optimal dan efisien sangat dibutuhkan bagi setiap institusi, lembaga, termasuk perusahaan. Kunci untuk mewujudkan hal itu adalah adanya sumber daya manusia (SDM) yang baik.

Menurutnya, untuk tenaga kependidikan di dunia kampus diwajibkan mampu memberikan pelayanan terbaik dalam menunjang akademisi maupun kampus itu sendiri.

“Yang perlu diperhatikan adalah bagaimana tenaga kependidikan mampu mengetahui kepribadiannya sendiri. Berikutnya adalah bagaimana seseorang mampu menempatkan dirinya untuk memberikan pelayanan pendidikan yang baik,” ungkapnya.

Andi Tendri Ampa berharap, melalui pelatihan diharapkan mampu memiliki pemahaman yang lebih baik mengenai pentingnya pelayanan pendidikan. Termasuk mampu menguraikan hal-hal yang diperlukan dalam memberikan kependidikan.

“Peserta diharapkan mampu meningkatkan pemahaman tentang pentingnya memberikan pendididkan yang sangat memuaskan dan dipahami para pelajar/mahasiswa yang mendengarnya. Juga, diharapkan mampu memahami soft skill dan etiket yang dibutuhkan pada penghantaran,” jelasnya.

Ditambahkan melalui Anggota Tim Pengabdian, Agusrawati, S.Si, M.Si mengatakan, kegiatan atau pelatihan tersebut dilaksanakan dalam rangka menguatkan pelaksanaan Kompentesi pendidik dan tenaga kependidikan.

“Pelatihan ini sangat penting untuk kemajuan pendidikan utamanya kepada pengajar,” ucapnya.

Senada itu, Anggota Tim Pengabdian lainnya, Lilis Laome, S.Si M.Si menerangkan, hal yang perlu diperhatikan dalam mengembangkan tenaga kependidikan antara lain yaitu, standar akurasi, kecepatan dalam pekerjaan, presetasi dan tanggung jawab dalam pekerjaan, dan analisis pekerjaan secara efektif.

Rangkaian kegiatan yang diselenggarakan oleh LPPM UHO yakni:

1. Persiapan (4-5 Oktober 2023). Pada tahap ini, kegiatan meliputi rapat persiapan penyelesaian administrasi kegiatan baik secara internal di UHO maupun secara eksternal yaitu satuan pendidikan yang menjadi mitra dalam hal ini SKB Kota Kendari;

2.Inventarisasi peserta pelatihan (6 Oktober 2023). Pada tahap ini, kegiatan meliputi pendaftaran peserta yang akan mengikuti pelatihan;

3.Penyusunan materi pelatihan. (7 Oktober 2023). Pada tahap ini akan disusun materi yang akan diberikan kepada peserta. Materi yang direncanakan meliputi:

a.Eksplorasi data;
b.Ukuran pemusatan dan ukuran penyebaran data;
c.Penyajian Data;
d.Manajemen Data;
e.Membuat Instrumen melalui paket program Google Form.

4.Penyajian materi pelatihan (9-10/10/2023);

5.Pendampingan tahap I ( 23 Oktober 2023);

6.Evaluasi hasil kegiatan pelatihan berdasarkan hasil monev, pendampingan I;

7.Monev oleh LPPM dan Pelaporan;

8.Pendampingan tahap I ( 2 Nov 2023);

9.Evaluasi hasil kegiatan pelatihan hasil Monev dan Pendampingan 2;

10.Pelaporan hasil kegiatan pelatihan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *