Tingkatkan Ekonomi Desa, Kades Bonea Muna Budidayakan Udang Sebagai Potensi Unggulan

Kepala Desa Bonea, La Ode Samusu bersama istri.

Muna, Sultramedia – Kepala Desa (Kades) Bonea Kecamatan Lasalepa Kabupaten Muna, Sulawesi Tenggara (Sultra), La Ode Samusu menargetkan peningkatan ekonomi pendapatan desa dengan berfokus pada program kerja unggulannya. Hal itu disampaikan langsung oleh La Ode Samusu kepada awak media ini, Rabu (24/1).

Samusu menyebut, program peningkatan ekonomi Pendapatan Asli Desa (PADes) dengan memanfaatkan potensi desa. Dirinya melihat kondisi geografis alam yang berdekatan dengan laut sehingga dilakukan pembuatan tambak/empang dengan membudidayakan udang sebagai potensi unggulan.

Tambak tersebut telah diisi dengan 200.000 bibit udang dan siap akan dipanen dalam waktu 90 hari sejak penaburan benih.

“Target panen kami 2 ton udang. Insyaallah kami akan panen di akhir bulan Januari ini atau paling lambat awal bulan Februari,” ucapnya.

Lanjutnya, keberhasilan hasil panen nantinya dipergunakan untuk kepentingan masyarakat dan juga pembangunan fisik di desa seperti merampungkan pembangunan Masjid Bonea.

“Kita punya mesjid raya, kubah nya belum jadi. Jika berhasil panen, hasilnya akan kita diskusikan lagi ke masyarakat dan Badan Permusyawaratan Desa (BPD) untuk pembangunan kepentingan masyarakat Bonea,” terangnya.

Area tambak udang di Desa Bonea.

Selain itu, kata Samusu, program lainnya yang dilakukan pada sektor pertanian dengan membangun jalan tani sepanjang 820 M. Harapannya masyarakat sejahtera dengan perekonomian yang tumbuh dan peningkatan pendapatan.

Samusu menambahkan, pada 2024 ini melihat persoalan penerangan desa dirinya akan mengadakan lampu jalan.

“Insyaallah segala kepentingan masyarakat untuk kemajuan desa terus kita dorong demi memajukan serta meningkatkan PADes,” ujarnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *