Siapkan 820.161 TPS, KPU Lantik 5,7 Juta Petugas KPPS Di Seluruh Indonesia

Ketua KPU RI, Hasyim Asy’ari.

Jakarta, Sultramedia – Komisi Pemilihan Umum Republik Indonesia (KPU RI) resmi melantik 5.741.127 orang petugas Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) yang tersebar di seluruh wilayah indonesia, Kamis (25/1).

Ketua KPU RI, Hasyim Asy’ari menyebut, pelantikan petugas KPPS dilakukan di 71.000 tempat dan nantinya akan bertugas di 820.161 Tempat Pemungutan Suara (TPS) yang tersebar di seluruh Indonesia.

“KPU melantik anggota KPPS sebanyak 5.741.127 di seluruh Indonesia. Pelantikan dilakukan di 71.000 tempat,” ujar Hasyim kepada sejumlah awak media di Merlynn Park Hotel Jakarta.

Para petugas yang dilantik, kata Hasyim, tujuh (7) orang anggota KPPS akan ditempatkan mengawal jalannya pemungutan suara di setiap TPS. KPU juga memberikan bimbingan teknis pelatihan kepada anggota KPPS.

“Ini yang berbeda dengan pemilu-pemilu atau Pilkada sebelumnya yang dilatih atau diikutsertakan dalam bimbingan teknis hanya 1 orang. Saat ini semua diikut sertakan,” terangnya.

Hasyim menambahkan, berbeda dengan Pemilu sebelumnya yang hanya 1 anggota KPPS, maka tahun ini semua dilantik dan mendapatkan pelatihan teknis.

7 orang yang dilatih tersebut, nantinya memiliki pengetahuan dan pemahaman yang sama dalam penyelenggaraan kegiatan pemungutan penghitungan suara di TPS. Sehingga dapat mengingatkan satu sama lain dalam mengawal Pemilu 2024 berjalan dengan lancar dan damai.

“Kita berharap ini meningkatkan kualitas pelayanan kepada pemilih dalam menggunakan hak pilihnya di TPS,” kata Hasyim.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *