Gerakan Penanaman Pohon Bakau, Dandim 1429/Butur Sebut Mengurangi Resiko Bencana Alam

Gerakan penanaman pohon bakau di Kabupaten Buton Utara.

Buton Utara, Sultramedia – Komandan Kodim (Dandim) 1429/Buton Utara (Butur), Letkol Inf. Acuk Andrianto pimpin pembukaan penanaman bakau serentak seluruh Indonesia, di pantai Mina-minanga Desa Linsowu Kecamatan Kulisusu, Butur, Sabtu (3/2/2024).

Kodim 1429/Butur bersama Pramuka Kwarcab Butur gelar persami saka Wira Kartika dengan tema “Bersatu dengan Alam, Rehabilitasi Kawasan Hutan dan Lahan Basah”.

Turut hadir dalam acara tersebut Perwakilan Polri, Camat Kulisusu, perwakilan Dinas Pariwisata dan kepala Desa Linsowu dan Ibu-ibu Persit.

Acuk Andrianto menyebut, penanaman pohon dilakukan serentak seluruh Indonesia. Ini merupakan perintah KASAD dalam rangka rehabilitasi kawasan hutan dan lahan basah. Selain itu,merupakan program unggulan KASAD salah satunya adalah reboisasi dan penanaman mangrove.

“Harapan kita nanti kawasan butur ini sebagai salah satu kawasan hutan mangrove terbesar. Bisa kita jaga dan tentunya kita tingkatkan lahan luasnya sehingga juga mengurangi resiko bencana alam,” ujar Dandim 1429/Butur di sela-sela kegiatan.

Sementara itu, Kasad Jenderal TNI Maruli Simanjuntak memberikan apresiasi kepada seluruh jajarannya diseluruh Indonesia yang disiarkan langsung melalui virtual zoom.

“Terimakasih atas partisipasinya, semoga kegiatan lain Pramuka bisa ikut juga,” ucap KASAD Maruli.

Dalam kegiatan Persami ini KASAD Jenderal TNI Maruli Simanjuntak juga menyampaikan harapan kepada generasi muda agar dapat mengembalikan fungsi hutan kedalam perannya sebagai paru-paru dunia guna membangun kembali habitat alam dan ekosistim serta mencegah pemanasan global.

“Mari kita Bersatu Dengan Alam, Rehabilitasi Kawasan Hutan dan Lahan Basah,” kata Maruli.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *