Amankan 252 TPS, Pj Bupati Mubar La Ode Butolo Pimpin Apel Siaga Pemilu

Apel siaga jelang pemilu 2024.

Laworo, Sultramedia – Pj Bupati La Ode Butolo pimpin Apel Siaga Pemilu 2024, di halaman Kantor Bupati Muna Barat (Mubar), Sabtu (9/2/2024). Kegiatan itu diikuti 508 orang Perlindungan Masyarakat (Linmas).

Nantinya para Linmas akan menjaga 252 TPS di Mubar dengan pembagian setiap TPS akan di jaga oleh 2 orang.

Pj Bupati Mubar, La Ode Butolo Mengatakan, peran penting Linmas sebagai garda terdepan dalam menjaga ketertiban dan keamanan selama pelaksanaan Pemilu.

Selain mengecek kesiapan para Linmas, Butolo juga mengingatkan pentingnya peran Satlinmas dalam menjaga netralitas dan profesionalisme sepanjang pelaksanaan Pemilu.

“Satlinmas merupakan mitra strategis yang memiliki tugas pokok dalam penanganan ketentraman, ketertiban, dan keamanan pada saat penyelenggaraan Pemilu,” ujar Pj Bupati saat memberikan arahan.

Butolo mengajak seluruh Linmas untuk menghormati dan bertanggung jawab, serta senantiasa menjaga netralitas dan profesionalisme selama pelaksanaan pesta demokrasi serentak 2024.

”Mari bersama-sama menjalani proses Pemilu Serentak ini dengan penuh kehormatan dan tanggung jawab. Tetap jaga netralitas dan profesionalisme, semoga Allah memberikan kita petunjuk dan perlindungan,” ucapnya.

Sementara itu, Sekda Mubar, LM Husen Tali menekankan peran strategis Satlinmas dalam menjaga kondusifitas, sebagai perpanjangan tangan pemerintah yang berwenang menjaga kondusifitas di wilayah masing-masing, baik desa maupun Kelurahan.

“Satlinmas bukan hanya membantu penanganan dan pengurangan resiko bencana, tetapi juga memiliki peran penting dalam memelihara keamanan, ketentraman, dan ketertiban masyarakat,” katanya.

Lanjut Sekda, Satlinmas juga berperan dalam membantu pengamanan saat pemilihan kepala desa, pemilihan kepala daerah, pemilihan umum, dan membantu upaya pertahanan negara.

Pengukuhan Satlinmas ini didasari oleh Permendagri nomor 26 tahun 2020 dan peraturan tentang penyelenggaraan ketertiban umum dan ketentraman masyarakat serta perlindungan masyarakat.

“Pembentukan dan pengukuhan Satlinmas ini merupakan langkah awal dalam upaya ke depan terkait pembinaan peningkatan kapasitas serta peran anggota Satlinmas di Kabupaten Muna Barat,” ujarnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *