Gelar FGD, Gali Potensi Lokal Buteng: Ikan Teri, Mete dan Tenun

Focus Group Discussion.

Buteng, Sultramedia – Pemkab Buton Tengah (Buteng) Gelar Focus Group Discussion (FGD) Penyusunan Dokumen Indikasi Geografis Ikan Teri, Mete, dan Tenun bekerjasama dengan Kemenkumham Sultra, di Aula Kantor Bupati, Selasa (20/2).

FGD tersebut dihadiri oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Buteng Kostantinus Bukide di dampingi Kadis Perindustrian dan Perdagangan, Lukman dan dihadiri para Asisten, Staf Ahli, kepala OPD, tim perwakilan Kemenkumham Sultra, para Kabag, Camat dan perwakilan masyarakat nelayan, tenun, dan pengolah Mete Kabupaten Buteng.

“FGD ini bertujuan untuk menggali potensi ekonomi lokal. Di fokuskan pada tiga sektor utama, yaitu mete, ikan teri dan tenun,” kata Sekda Kostantinus.

Menurutnya, sektor mete memiliki potensi besar sebagai sumber pendapatan bagi masyarakat setempat. Selain itu, potensi ikan teri juga sebagai komoditas penting di Buteng.

Tidak ketinggalan, industri tenun lokal, bagaimana mengembangkan ide-ide untuk meningkatkan produksi desain dan pemasaran produk tenun agar dapat bersaing di pasar lokal maupun internasional.

“FGD ini diharapkan menjadi langkah awal dalam upaya bersama untuk mengangkat potensi ekonomi lokal Buton Tengah serta meningkatkan kesejahteraan masyarakat setempat,” ujarnya.

Sementara itu perwakilan Kemenkumham Sultra menekankan pentingnya pengembangan ekonomi lokal diikuti oleh upaya perlindungan terhadap hak-hak masyarakat dan pelestarian lingkungan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *