Aisyiyah Mubar Gelar Musrenbang Bagi Perempuan dan Kelompok Rentan

Aisyiyah Mubar Gelar Musrembang, Jumat (1/3).

Laworo, Sultramedia – Pimpinan Daerah Aisyiyah Kabupaten Muna Barat (Mubar) menggelar Musyawarah Perencanaan Pembangunan Daerah (Musrenbang) bagi Perempuan dan Kelompok Rentan Tahun 2024, di Ruang Pertemuan Kantor PU Mubar, Jumat (1/3/2024).

Musrembang mengusung tema “Perencanaan pembangunan daerah yang berprespektif (GESI) Gender, Disabilitas dan Inklusi Daerah”.

Musrenbang tersebut diselenggarakan atas kerja sama dengan Pimpinan Daerah Muhammadiyah dan instansi terkait di lingkungan Pemkab Mubar.

Kegiatan itu juga dihadiri perwakilan dari OPD, beberapa ormas dan komunitas masyarakat diantaranya Ikatan Pelajar Muhammadiyah Mubar, Pemuda Peduli Kesehatan Masyarakat, K3S dan Kelompok Wanita Tani serta Organisasi Masyarakat Sipil mitra perempuan dan inklusi.

Hadir sebagai narasumber, La Ode Hairul menyampaikan apresiasi atas inisiasi Aisyiyah Mubar yang telah mempersiapkan diri jauh hari sebelumnya.

Koordinator Aisyiyah Mubar, Wa Ode Impres Ani mengemukakan, sesuai tema yang diusung dalam Musrenbang, forum tersebut sangat penting dan strategis bagi daerah.

Melalui forum ini diharapkan dapat menghasilkan usulan-usulan yang dapat menjadi masukan bagi Aisyiyah dalam merumuskan rencana pembangunan dan program kerja kedepannya.

“Karena kita ketahui bersama isu gender, anak dan pembangunan inklusi juga menjadi poin utama dalam upaya pembangunan sumber daya manusia. Dimana keterlibatan Perempuan dan difabel dalam pembangunan daerah Mubar masih belum optimal,” ujarnya.

Sementara itu, Pimpinan Wilayah Aisyiyah Mubar, Hj.Dana mengatakan, pihaknya saat ini tengah fokus bersama pemerintah dan mitra pembangunan untuk mendorong proses perencanaan pembangunan yang inklusif dan berkesetaraan gender, sehingga tidak ada seorangpun yang tertinggal.

“Kami berharap melalui forum Musrenbang ini bisa memastikan agar suara perempuan, difabel dan komunitas yang berasal dari kelompok marginal dapat terserap pada saat forum Musrenbang Kabupaten Muna Barat. Sehingga aspirasi ini sedapatnya terakomodir dalam proses perencanaan pembangunan mendatang,” kata Dana.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *