Jambore Kader PKK Sultra Resmi di Buka, Tingkatkan Sinergitas dan Kreatifitas

Jambore Kader PKK Sulawesi Tenggara.

Konawe, Sultramedia – PJ Gubernur Andap Budhi Revianto diwakili Sekda Asrun Lio secara resmi membuka jambore kader pemberdayaan dan kesejahteraan keluarga (PKK) tingkat Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra), di Lapangan Upacara Kantor Bupati Konawe, Jumat (19/4/24).

PJ Bupati Konawe, Harmin Ramba menyebut, momentum jambore sebagai babak awal dan kebanggaan bagi Kabupaten Konawe.

Dia juga menyampaikan terimakasih kepada PKK Sultra yang telah memberikan kepercayaan kepada Konawe sebagai tempat penyelenggaraan kegiatan jambore.

Dia menekankan didalam penguatan kelembagaan PKK tersebut harus dilakukan dengan meningkatkan kemampuan, pengetahuan dan keterampilan tim penggerak PKK itu sendiri.

“Tentunya harapan kami Jambore sebagai wadah atau event untuk menyatukan, meningkatkan kemampuan dan keterampilan terutama kader-kader PKK se-Sultra,” ujarnya.

Ditempat yang sama, Ketua TP PKK Sultra, Wa Ode Munanah Asrun mengucapakan terimakasih atas terselenggaranya jambore terutama Konawe sebagai tuan rumah yang telah bekerja keras mempersiapkan kegiatan.

Selain itu juga, dia menyebut angka prevalensi stunting di Sultra masih cukup tinggi yang berada di angka prevalensi stunting secara nasional.

Sehingga TP PKK Sultra akan menerapkan salah satu program unggulan tahun 2024 yaitu pengendalian dan penanganan masalah stunting dengan bekerja sama dan berkolaborasi pada Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan instansi vertikal.

Jambore Kader PKK merupakan kegiatan rutin yang dilaksanakan setiap tahun dan tempat penyelenggaraan secara bergilir di Kab/Kota se-Sultra. Pada tahun 2024, Konawe mendapatkan giliran sebagai tuan rumah penyelenggara Jambore Kader PKK yang ke-12.

“Jambore kader PKK merupakan momentum yang paling strategis bagi kader-kader untuk saling bersilaturahmi, saling bertukar informasi untuk menambah wawasan, pengetahuan dan keterampilan,” ucapnya.

Jambore kali dilaksanakan berbagai lomba untuk mendukung pelaksanaan 10 program pokok PKK bagi pengurus dan kader-kader.

Jenis lomba yang akan dilaksanakan pada jambore kali ini yaitu:
1. Lomba parade budaya nasional
2. Lomba paduan suara
3. Lomba cerdas cermat
4. Lomba Jingle Gelari Pelangi
5. Lomba masak non-beras
6. Lomba senam kreasi 6 langkah cuci tangan.

Bagi tim penggerak PKK atau kader PKK Kab/Kota yang memperoleh juara 1 dari setiap jenis lomba akan mewakili tim penggerak PKK Sultra pada Jambore tingkat nasional di Kota Surakarta pada tanggal 15-16 Mei Tahun 2024 mendatang.

Sementara itu, Sekda Sultra Asrun Lio menyampaikan harapan terhadap PKK sebagai mitra Pemda guna senantiasa meningkatkan kemampuan manajerial terkait dengan peran, tugas dan fungsi serta mekanisme kegiatan yang profesional sehingga bisa mendukung kerjasama.

“Sejalan dengan tema yang diusung yaitu melalui jambore kader PKK kita tingkatkan sinergi dan kreatifitas dalam membangun keluarga berkualitas menuju masyarakat, mandiri, tangguh dan inklusif untuk mewujudkan Indonesia maju,” kata Asrun Lio dalam sambutannya saat mewakili PJ Gubernur Andap.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *