Buka Lomba Lagu dan Gerak Seni Garbarata, Asrun Lio: Bagian dari Program AMAN

Kadis Pendidikan dan Kebudayaan Sultra Drs. Asrun Lio, M.Hum,. Ph.D.

SULTRAMEDIA.ID.,SULAWESI TENGGARA – Kepala Dinas (Kadis) Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra), Drs. Asrun Lio M.Hum. P.hD membuka lomba lagu dan gerak seni Garbarata.

Dalam kesempatan tersebut, orang nomor satu di Dikbud Sultra mengatakan bahwa giat yang diselenggarakan oleh Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Museum dan Taman Budaya Dikbud Sultra itu merupakan bagian dari program Ali Mazi dan Lukman Abunawas (AMAN).

“Sesuai dengan visi misi pembangunan Gubernur dan Wakil Gubernur Sultra yang dikenal dengan akronim AMAN yakni, Sultra Beriman dan Berbudaya maka kegiatan lomba lagu dan gerak seni Garbarata dilaksanakan rutin setiap tahun,” dosen Bahasa Inggris di FKIP UHO itu.

Selain itu, kata Asrun, kegiatan tersebut juga masuk dalam salah satu program unggulan Dikbud Sultra di bawah UPTD Museum dan Taman Budaya.

Oleh karenanya, kata Kadis, dinas yang dipimpinnya itu berkewajiban menumbuh kembangkan budaya daerah, menyosialisasikannya tanpa mengurangi nilai-nilai yang terkandung di dalamnya

“Jadi Dikbud Sultra memiliki kewajiban untuk menumbuh kembangkan budaya daerah, sehingga wajar bila sekolah tingkat atas, baik umum maupun kejuruan mensosialisasikan seni budayanya, namun tidak mengurangi nilai estetika dari Garbarata itu sendiri”, jelas Kadis bergelar M. Hum itu, Kamis (21/10/2021).

Untuk itu, Kadis di kelembagaan pendidikan tersebut, menghimbau dan menegaskan kepada seluruh sekolah tingkat menengah atas dan kejuruan untuk turut berpartisipasi di giat tahunan itu.

“Jika ada sekolah (red, SMU dan SMK) yang tidak ikut serta dalam kegiatan ini, harus dipertanyakan dan dievaluasi”, tutupnya.

Sementara itu di tempat yang sama, ketua panitia kegiatan, Suhandi, mengungkapkan bahwa kegiatan itu bertujuan untuk melestarikan budaya sebagai warisan daerah yang harus diketahui terutama generasi millenial.

“Dalam lomba lagu dan gerak seni Garbarata kali ini, panitia menyiapkan hadiah berupa uang pembinaan sebanyak Rp25 juta dan piagam penghargaan”, pungkasnya.

Sebanyak 16 (enam belas) grup dari Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) dan Sekolah Menengah Umum (SMU) mengikuti kegiatan tersebut.

Reporter: H5P
Publisher: B_Khan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *