Partai Golkar Baubau Resmi Daftarkan 25 Bacalegnya di KPUD

Ketua DPD Golkar Baubau, Zahari di Kantor KPUD

BAUBAU, SULTRAMEDIA.ID,. —

DPD partai Golkar Kota Baubau tampil dengan kekuatan besar pada Pemilu 2024 nanti. Dari 25 Bakal Calon Legislatif (Bacaleg) yang diajukan, empat orang diantaranya berstatus incumbent atau petahana.

Empat petahana alias anggota DPRD Kota Baubau periode 2019-2024 itu yakni Zahari, Ardin Jufri, Rusdin, dan Farida Gimaruddin. Golkar sendiri secara resmi mendaftarkan Bacaleg-nya ke Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Baubau, Minggu (14/5/2023).

Ketua DPD Golkar Baubau, Zahari mengatakan, Golkar Baubau sebenarnya sudah menyiapkan berkas administrasi Bacaleg-nya sejak jauh-jauh hari. Namun, partai Golkar memutuskan untuk mendaftar secara serentak di seluruh Indonesia pada hari terakhir.

“Alhamdulillah, kami sudah melakukan pendaftaran tanpa kendala apapun. Kami ke KPU diantar seluruh pengurus DPD dan simpatisan Bacaleg Golkar Baubau,” kata Ketua DPD partai Golkar (Golongan Karya) Baubau, Zahari dikonfirmasi usai mendaftar di KPUD.

Kata dia, 25 Bacaleg yang didaftarkan itu merupakan kader-kader paling potensial untuk menarik simpatik konstituen di Daerah Pemilihan (Dapil)-nya masing-masing. Mereka telah melalui penyaringan administrasi hingga penilaian masyarakat.

“Kita menyiapkan 200 persen Bacaleg yang sama semua kualitasnya. Setelah dilakukan verifikasi dan penilaian, maka melalui rapat pleno kita tetapkan 25 orang yang paling mumpuni meraup suara masyarakat,” beber Ketua DPRD Baubau ini.

Khusus Bacaleg petahana, ungkap dia, tetap maju pada Dapil seperti Pemilu 2019 lalu. Dirinya dan Ardin Jufri di Dapil 1 (Betoambari, Murhum, dan Batupoaro), Farida Gimaruddin di Dapil 2 (Kokalukuna, Bungi, Lealea, dan Sorawolio), dan Rusdin di Dapil 3 (Wolio).

“Jadi, ini (incumbent) merupakan satu kekuatan buat kami. Artinya suara besar sudah pasti ada karena sudah ada perwakilan kita di DPRD. Sehingga target dan harapan kami untuk kembali melahirkan satu fraksi sangat terbuka lebar,” ujar Haji Bobi-sapaan karib Zahari.

Menurut dia, keberpihakan kader Golkar kepada rakyat tidak perlu diragukan. Buktinya antara lain terlibat dalam pemberdayaan UMKM di masa pandemi Covid-19, membedah ribuan unit rumah di Baubau oleh Ridwan selaku Wakil Ketua Komisi V DPR RI, dan teranyar melobi program revitalisasi sungai di Bungi menggunakan APBN sekira Rp60 miliar.

“Untuk itu, kami harap para Bacaleg yang sudah kami putuskan agar secepatnya bekerja, minimal menjaga perilaku dan mencarikan solusi mengatasi setiap keluhan masyarakat. Apalagi kami masih menjadi pimpinan DPRD Baubau, maka ada ruang besar untuk mengatasi keluhan-keluhan masyarakat,” tuturnya.

Atas dasar itu, terang dia, maka pihaknya optimis memasang target menang Pilcaleg dengan meraih empat atau bahkan lima kursi DPRD Baubau periode 2024-2029. “Sehingga Pilkada 2024 nanti, Golkar tidak setengah mati lagi mengusung kandidat Wali Kota,” imbuhnya.

Pun, Zahari menyatakan siap maju sebagai calon Wali Kota Baubau pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024 nanti. Terlebih, mengusung kader sendiri merupakan dambaan kader-kader Golkar Baubau tingkat kecamatan dan kelurahan.

“Kemudian diperkuat dengan keputusan Musda, saya ditunjuk sebagai kandidat yang akan diusung. Harapan ini saya harus aminkan. Cuma saya kembalikan ke mereka bahwa Haji Zahari itu tidak akan mampu berjuang sendiri, saya butuh soliditas dan kompakan dari kader-kader Golkar,” pungkasnya.

Sementara itu, Ketua Bappilu DPD Golkar Baubau, Ardin Jufri mengatakan, setiap keputusan yang dikeluarkan partai selalu melalui perhitungan matang termasuk 25 Bacaleg tahun 2024. Pun semua kader Golkar sudah menerima dengan jiwa besar keputusan tersebut.

“Mereka patuh dengan keputusan partai. Semangat kerja sama inilah yang menjadi. Kemudian kita juga punya empat orang incumbent. Insyaallah kerja kita lebih ringan dan bisa menambah kursi di Pemilu 2024,” tandas Ardin yang juga anggota DPRD Baubau.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *