Evaluasi Kegiatan Satgas Covid-19 di Sultra, Masyarakat Diminta Tetap Patuhi Prokes

Sekda Pemprov Sultra, Asrun Lio saat bersama Tim Satgas Covid-19 Sultra.

SULTRAMEDIA.ID,.KENDARI. Hadiri rapat evaluasi pelaksanaan kegiatan satgas Covid-19, Sekretaris Daerah (Sekda) Pemprov Sultra, Asrun Lio sampaikan kepada masyarakat tetap patuhi protokol kesehatan (Prokes), Minggu (22/1/2023).

Sebagai Ketua Harian Satgas Covid-19, Asrun Lio menyampaikan, pesan dari Gubernur terkait kegiatan Satgas Penanganan Covid -19 tahun 2023. Meski PPKM telah di cabut oleh pemerintah, semua pihak harus tetap melaksanakan kegiatan-kegiatan terkait dengan penanggulangan Covid-19.

“Secara Nasional dalam rangka mengendalikan penyebaran dan pencegahan lonjakan Covid-19 yang bisa saja terjadi maka diperlukan masa transisi dimana kegiatan-kegiatan strategis kita perlu terapkan pada tahun ini,” ujar Asrun.

Lanjutnya, Sultra tercatat sebagai salah satu daerah yang penanganan Covid-nya cukup baik di Indonesia. Sehingga, secara umum langkah-langkah penerapan prokes dilaksanakan dengan tetap mengedukasi masyarakat dengan membuat kegiatan–kegiatan seperti hidup sehat, memberikan perhatian dan penghimpunan dari resiko penularan Covid-19 bagi komunitas yang khusunya yang rentan terdampak Covid.

“Berikan kesadaran kepada masyarakat untuk melakukan testing jika terjadi kontak terhadap kasus yang terkonfirmasi Covid. Sehingga harus melakukan vaksinasi yang di koordinir oleh satgas dan mendorong masyarakat tetap mau melakukan vaksinasi dan menyediakan tempat-tempat vaksin secara umum,” ucapnya.

Sedangkan menurut, Kadis Kesehatan Prov. Sultra, Putu Agustin Kusumawati, kegiatan-kegiatan di satgas Covid-19 di Sultra ini secara keseluruhan dilaksanakan dengan kebijakan PPKM, yakni lebih banyak koordinasi kepada satgas Covid-19 di 17 kab/kota untuk lebih mengedukasi masyarakat agar dapat menaati prokes.

“Yang paling utama adalah cakupan vaksinasi Covid-19, sehingga masyarakat di usia diatas 18 tahun sudah boleh melakukan booster yang ke 2 (dua),” ungkanya.

Turut hadir secara langsung Ketua DPRD Provinsi Sulawesi Tenggara, Asiten III Setda Pemprov, Didampingi Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Sultra, Perwakilan Korem (Danrem) 143 Halu Oleo, Perwakilan Polda Sultra, Perwakilan Kejaksaan Sultra, Perwakilan Pusat Pelayanan Kesehatan Pegawai (PPKP) Prov Sultra, Perwakilan Inspektorat Prov Sultra, Perwakilan Rumah Sakit Umum Daerah Bahteramas Provinsi Sultra serta Para Kepala OPD Lingkup Pemprov.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *